Kampusiana

Memotret Kreatif Ala Arbain Rambey

Fotografer senior Kompas sedang memaparkan materi dalam acara Kompas Lego Ergo Scio, Selasa (24/10/2016) di Aula Anwar Musaddad. (M.Aziz Pratomo/Suaka)

Fotografer senior Kompas Arbain Rambey sedang memaparkan materi dalam acara Kompas Lego Ergo Scio, Selasa (24/10/2016) di Aula Anwar Musaddad. (M.Aziz Pratomo/Suaka)

SUAKAONLINE.COM-, Sebuah foto akan menarik jika fotografer mampu menyajikan foto berkomposisi kreatif. Hal tersebut diungkapkan fotografer senior Kompas, Arbain Rambey dalam acara Kompas Lego Elgo Scio yang digelar oleh Harian Kompas bekerjasama dengan LPM Suaka, Senin (24/10/2016) di Gedung Anwar Musaddad UIN SGD Bandung.

Foto kreatif yang dimaksud tak hanya mengandalkan keahlian teknik fotografi. Teknik, lanjut Arbain seyogyanya dibarengi dengan ide kreatif dalam setiap jepretan shutter. Serta efektivitas tersampaikannya pesan pada publik. “Foto kreatif sama dengan foto menarik,” ujarnya.

Ia menjelaskan bagaimana cara memotret dan menghasilkan foto kreatif. Menurut alumni Teknik Sipil ITB itu menyarankan agar fotografer rajin membaca. “Banyak baca, banyak ide. Pentingnya baca kamu jadi tahu foto kamu basi atau enggak,” katanya.

Selanjutnya, seorang fotografer harus mempunyai ide kreatif. Menurutnya, sebuah foto nyata terlahir dari usaha besar meskipun tekniknya kecil, tetap harus ada upaya kreatif.  “Uji kreativitasmu, jadikan ide itu sebagai bakatmu, atasi masalah dengan mudah, dan mau berpikir,” pesan Arbain di penghujung acara.

Reporter : Ridwan Alawi

Redaktur: Ibnu Fauzi

Baca juga:  Terbentuknya Kepanitiaan OPAK
Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas