Infografis

Kecepatan Internet di Kawasan Asia Pasifik

Desain: Ismail Abdurrahman Azizi/Suaka

Desain: Ismail Abdurrahman Azizi/Suaka

SUAKAONLINE.COM, Infografis- Penggunaan internet saat ini menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat. Indonesia merupakan salah satu negara yang tinggi akan konsumsi internet. Bisa dibilang segala aktivitas masyarakat kini berpatok kepada internet.

Namun ternyata, kecepatan internet Indonesia masih jauh tertinggal dibandingkan negara-negara lain di Asia ataupun dunia. Dalam riset yang dilakukan oleh Firma Akamai yang dipublikasikan di techinasia.com, kecepatan internet di Indonesia, baik broadband maupun celuller di beberapa negara Asia Pasifik masih dibawah rata-rata.

Kecepatan broadband Indonesia hanya 6,8 Mega bite persecond (Mbps). Kalah dengan Vietnam, Kamboja, Bangladesh dan Laos. Kecepatan ini pula masih sangat jauh dari kecepatan rata-rata dunia yang mencapai 23,4 Mbps dan Asia pada 28,1 Mbps.

Begitupun dengan kecepatan internet seluler di Indonesia. Indonesia hanya memeliki kecepan 4,1 Mbps, diungguli oleh Malaysia, Kamboja bahkan Sri Langka. Dengan kecepatan rata-rata dunia mencapai 12,4 Mbps dan Asia mencapai 10,9 Mbps, maka Indonesia masih tertinggal jauh.

Namun dengan berkembangnya 4G tahun ini, merupakan langkah maju bagi terciptanya internet yang cepat, walaupun masih kalah gesit dari New Zealand, yang sudah menggunakan 4G dari beberapa tahun silam. Maka tidak salah jika Indonesia selalu memiliki koneksi internet yang lambat padahal setiap harinya masyarakat Indonesia menggunakan internet baik dalam berkegiatan ataupun beraktivitas.

Dengan data tersebut, bisa dikatakan bahwa konsumen internet di Indonesia memang banyak, namun tidak sebanding dengan kecepatannya. Belum lagi aktivitas Internet yang tidak terkontrol dan terkendali dari masyarakat, menjadi salah satu faktor kecepatan internet di Indonesia lambat dan kurang memberikan dampak.

Peneliti : Restia Aidila Joneva

Baca juga:  Mapping, Proses Adaptasi Maba Saintek
Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas