Lintas Kampus

Maulid Nabi, Ribuan Warga Yogya Tunggu Gerebeg Gunungan

[Suakaonline] – Selasa (14/01), ribuan warga Yogyakarta dan sekitarnya menunggu di depan Keraton demi menyelenggarakan Upacara Sekaten yang dimulai pukul 10.00 WIB nanti.

 

Acara puncak Upacara Sekaten ditandai dengan Grebeg Gunungan, yakni pengarakan dan perebutan gunungan oleh masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tujuh gunungan yang disiapkan akan ditempatkan di tiga tempat berbeda. Lima diantaranya akan ditempatkan di Masjid Gede Kauman, satu gunungan di Puro Pakualaman dan satu gunungan di Komplek Kepatihan, Kota Yogyakarta.

Perebutan lima gunungan itu merupakan acara puncak peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW atau Maulud Nabi. Sunarno, salah satu warga Bantul yang rutin mengikuti acara ini setiap tahunnya menyatakan apresiasinya pada DIY yang konsisten menyelenggarakan Upacara Sekaten.

 

“Kami sangat menunggu acara Gerebeg Gunungan yang akan dibawa dari Keraton menuju Mesjid Kauman,” ucapnya saat ditemui didepan Keraton, Selasa (14/01).

Diyakini, gunungan yang terdiri dari sayur-mayur dan hasil bumi lainya oleh masyarakat Yogya dan sekitarnya jika berhasil memperebut akan membawa berkah dan manfaat.

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas