Pendidikan dan Budaya

Pasanggiri Moka Jawa Barat 2016, Mencari Sosok Pemuda Unggul

Para pemenang dalam ajang Pasanggiri Mojang Jajaka (Moka) Jawa Barat 2016 menerima hadiah pada malam Grand Final, di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung, Selasa (22/11/2016). (SUAKA / Dadan M. Ridwan)

Para pemenang dalam ajang Pasanggiri Mojang Jajaka (Moka) Jawa Barat 2016 menerima hadiah pada malam Grand Final, di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung, Selasa (22/11/2016). (SUAKA / Dadan M. Ridwan)

SUAKAONLINE.COM, Bandung – Sebanyak 25 pasang dari 25 kabupaten dan kota di Jawa Barat mengikuti malam Grand Final Mojang Jajaka (Moka) Jawa Barat 2016, di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Selasa (22/11/2016). Tahun ini, Pasanggiri mengusung tema “Legenda” dengan moto Wisata di Tanah Legenda.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Ida Hernida mengatakan bahwa acara ini sebagai upaya untuk mencari sosok pemuda Jawa Barat yang unggul sebagai duta seni, pariwisata, kebudayaan, dan pembangunan Jawa Barat.

Ida berharap setelah Pasanggiri, para alumni Moka bisa mendukung program pembangunan pemerintah provinsi Jawa Barat dengan menjadi Duta promosi pembangunan. “Ini merupakan trobosan yang kami adakan di tahun sekarang,” terangnya. Jawa Barat sebagai provinsi dengan kebudayaan dan bahasa yang beragam, maka pasanggiri memperhatikan tiga zona bahasa, diantaranya Melayu Betawi, Cirebon dan Sunda Priyangan.

Sebelumnya, para finalis mengikuti rangkaian kegiatan seperti karantina untuk pembekalan materi dan keterampilan. Moka juga unjuk kabisa untuk memperlihatkan kemampuan pentas seni  yang digelar di Taman Budaya Jawa Barat.

Menurut Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Tanah Priyangan penuh dengan cerita masa lalu yang bermanfaat bagi masyarakat. Sebab legenda akan berulang seperti sejarah, banyak kejayaan yang telah dicapai. “Bila berbicara keragaman maka Jawa Baratlah jawabannya,” ujar Aher.

Pemenang Moka Pinilih adalah mojang Kabupaten Bandung dan Jajaka Kabupaten Kuningan. Lalu pemenang wakil 1 diraih oleh Mojang kabupaten Kuningan dan Jajaka Kabupaten Majalengka. Untuk kategori mimitran diraih oleh Mojang Kabupaten Indramayu dan Jajaka Kabupaten Bekasi. Kategori fotogenik dimenangkan oleh Mojang Kabupaten Cianjur dan Jajaka Kota Bandung. Kategori Parigel diraih oleh Mojang Kabupaten Kuningan dan Jajaka Kabupaten Bandung Barat, dan kategori Kameumeut diraih oleh Mojang Kabupaten Karawang dan Jajaka Kabupaten Majalengka.

Baca juga:  Terbentuknya Kepanitiaan OPAK

Reporter : Dadan M. Ridwan

Redaktur : Edi Prasetyo

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas