Pendidikan dan Budaya

Komunitas Reptil Bandung, Sarana Berkumpul Pecinta Reptil

[Suakaonline]- Bandung, Sabtu (17/01/2013) di Taman Pasupati, terlihat banyak masyarakat dari anak kecil hingga dewasa berkumpul di taman yang dikenal dengan sebutan Taman Jomblo ini. Selain berfoto dan duduk santai, ada juga orang-orang yang berkumpul dengan komunitasnya.


Namun  yang menarik, terdapat Komunitas Reptil Bandung (KRB) yang berkumpul dan memamerkan hewan reptil bertubuh panjang yaitu ular. Ada sekitar empat ekor ular Sanca Kembang yang mereka pamerkan. Pengunjung taman ini bebas memegang ular yang jinak tersebut, berfoto dan bertanya lebih jauh mengenai ular tersebut.

 

Bagi salah satu pengunjung,  dengan adanya komunitas pecinta reptil merupakan hal yang positif. Komunitas ini juga memberi tahu bagaimana membedakan ular yang berbisa atau tidak.

 

“Komunitas tersebut bisa mendobrak gambaran negatif kebanyakan orang yg menganggap bahwa ular itu hewan yang sangat berbahaya yang akan menyerang manusia. Padahal ular bisa dijinakkan bahkan bisa dijadikan sahabat bagi manusia, ujar Ikeu salah satu pengunjung yang antusias berfoto sambil memegang ular.

 

Komunitas pecinta reptil Bandung ini dibentuk bukan hanya menjadi sarana berkumpul pencinta reptil. Namun, mereka memiliki misi untuk mengenalkan apa hewan reptil itu pada masyarakat umum.

 

“Kami ingin mengedukasi masyarakat mengenai hewan reptil dan jenis-jenis reptil itu sendiri,” ujar Imam salah satu anggota KRB.

 

Selain itu, komunitas yang biasa berkumpul pada hari Minggu di Car Free Day ini, bisa diminta bantuan oleh masyarakat, jika dikediaamannya terdapat hewan reptil. Seperti ular, biawak dan hewan reptil lain. Sejak didirikan dari tahun 2009, jumlah anggotanya telah mencapai 100 orang.

 

Syarat untuk bergabung dengan komunitas ini tidak harus yang memiliki hewan reptil. Namun, orang-orang yang peduli akan kehidupan hewan reptil pun bisa ikut.

 

 

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas