Lintas Kampus

Piknik Buku Bersama Semesta Literasi

Para siswa SDN Mulyasejati IV Desa Mulyasejati Kecamatan Ciampel Karawang sedang asyik membaca buku di halaman kelasnya dalam kegiatan “Aku Kembali ke-sekolah” yang dilaksanakan oleh Semesta Literasi, Rabu (03/12/16). Sesi membaca tersebut dinamakan Piknik buku, dimana para siswa bebas membaca buku apapun yang disediakan, dari buku ilmu astronomi hinga komik. (Nizar Al Fadillah)

Para siswa SDN Mulyasejati IV Desa Mulyasejati Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang sedang asyik membaca buku di halaman kelasnya dalam kegiatan “Aku Kembali ke-sekolah” yang diadakan oleh Semesta Literasi, Rabu (03/12/2016). Sesi membaca tersebut dinamakan Piknik buku, para siswa bebas membaca buku apapun yang disediakan, dari buku ilmu astronomi hinga komik. (Nizar Al Fadillah/Suaka)

SUAKAONLINE.COM, Karawang- Febrian mengambil posisi duduk sila dan mulai membaca. Ia mengambil buku yang berjudul Dunia Kecil, yang isinya membahas tentang dunia serangga. Sesekali ia bertanya kepada kakak yang ada di sampingnya tentang serangga yang ia lihat dibuku. “A naha sih di gambar iyeu nu digegel sireum bisa nepi getihan? (Kak kenapa sih di gambar ini ada yang gigit semut nyampe keluar darah?),” tanyanya heran. Kakak itu pun menjawab bahwa semut yang ia lihat di buku itu adalah semut tentara, semut yang mematikan dari Amazon.

Berbeda dengan Febrian, Ramadiansyah lebih tertarik dengan buku yang menceritakan tentang kisah Rasul. Dengan bersandar pada tiang di teras kelas, ia membaca sambil bersuara. Ia membaca dari halaman pertama, tentang terciptanya Nabi Adam dan ingkarnya Iblis terhadap Allah. Namun sebelum mencapai ke halaman lain yang berkisah tentang Qabil dan Habil, ia sedikit istirahat dan menarik nafas sejenak. Nampaknya ia lelah membaca dengan bersuara agak keras.

Tak hanya Febrian dan Ramadiasnyah,  teman–temannya yang lain pun disibukan dengan buku. Baik yang asyik membaca maupun hanya tertarik pada gambarnya. Beberapa di antaranya sudah fasih membaca, meski sisanya masih harus mengeja dari suku kata yang satu dan yang lainya. Buku yang mereka baca pun bervariatif, dari buku ilmu pengetahuan, atlas, kisah nabi hingga komik.

Baca juga:  Segudang PR untuk Wisuda 68

Kegiatan yang dilakukan Febri, Ramadiansyah dan seluruh teman-temannya dinamakan piknik buku, yang merupakan rangkain dari acara “Aku Kembali ke-Sekolah” (AKS) yang diinisiasi oleh Semesta Literasi, komunitas asal Karawang yang fokus pada bidang literasi, terlebih menulis dan membaca. Pada Rabu (03/12/2016) lalu, Semesta Literasi menyambangi SDN Mulyasejati IV, yang berada di pedalaman Karawang, tepatnya di Desa Mulyasejati Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang.

Ketua Semesta Listerasi, Neng Mayang menjelaskan diadakannya kegiatan ini adalah untuk membuka pengetahuan para siswa dengan cara yang berbeda dan lebih menyenangkan. Karena menurutnya, kegiatan membaca yang dilakukan guru hanya terpaku pada kurikulum saja, dan terkadang telalu kaku.

“Kita disini hanya ingin menyampaikan pembelajaran dengan cara yang lebih  menyenangkan dan interaktif,” kata mahasiswa Uinversitas Negeri Singaperbangsa Karawang ini. Ia berharap kegiatannya dapat menggugah, menginspirasi dan membuka jendela-jendela ilmu para siswa yang ada di pedalaman.

Selain piknik buku, dalam rangkaian acara AKS ada pula pengenalan ilmu astronomi, pengenalan macam-macam profesi dan menuliskan mimpi -mimpi. SDN Mulyasejati IV adalah SD keempat yang disambangi oleh Semesta Literasi dari total 10 sekolah yang akan dikunjungi.

Ramadiansyah, siswa kelas 4 ini mengaku sangat antusias dan senang dengan adanya kegitan piknik buku tersebut. “Rame, banyak buku bisa dibaca, asyik juga belajar di kelasnya,” ungkap siswa yang bercita-cita menjadi Kiai ini.

Reporter : Nizar Al Fadillah

Redaktur : Ibnu Fauzi

 

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas