1 mnt membaca"> Adam : Berita Online Itu Berita Sakti - Suaka Online
Lintas Kampus

Adam : Berita Online Itu Berita Sakti1 mnt membaca

Penulisan

Adam Rahadian Ashari (kiri) sedang memberikan materi ‘Jurnalistik Online’ dalam acara Workshop dan Gallery Meckominfod yang digelar oleh Pondok Pesantren Mahasiswa Universal (PPMU), Minggu (25/10/2015). (Ibnu Fauzi).

SUAKAONLINE.COM Sekretaris Jendral Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung (FKPMB), Adam Rahadian Ashari mengatakan berita online saat ini sudah disalahgunakan dan tidak murni lagi. Dibutuhkan pemahaman untuk mengembalikan posisi jurnalistik online sebagaimana mestinya.

Ia pun mencontohkan berita online yang tidak sesuai kaidah jurnalistik seperti pemberitaan Raffi Ahmad yang mempunyai anak, menurutnya, berita tersebut bukanlah konsumsi mahasiswa dan masyarakat umumnya. Hal tersebut diungkapkan dalam acara Workhsop Kepenulisan dan Gallery Meckominfod Pondok Pesantren Mahasiswa Universal (PPMU).

Adam mengatakan berita online sangat memberikan suatu perubahan dalam hal apapun. “Bisa dibilang berita online itu berita sakti,” kata pria berambut panjang itu. Ia pun menampilkan beberapa portal berita online kampus.

Sementara itu, Ia mengajak peserta untuk membiasakan menulis dan mengembangkan website seperti Blogspot dan WordPress, “minimal tau sembilan elemen jurnalisme dan dengan modal laptop ditambah akses internet dalam dua jam temen-temen sudah bisa membuat media sendiri,” ungkap Redaktur Tabloid LPM Suaka itu.

Diakhir pemaparannya, Adam berbagi tips bagi peserta yang masih bingung untuk menulis, diantaranya membuat kerangka tulisan (outline) dan tuangkan ide apa pun dalam bentuk tulisan serta hindari pengeditan di awal.

Salah satu peserta workshop, Ary Maulana mengapreasiasi acara tersebut. “Alhamdulilah mendapatkan ilmu kejurnalistikan online semoga dapat diaplikasikan di kehidupan sehari-hari,” ujarnya. Ia pun bercita-cita untuk menjadi penulis dan dapat membuat buku sendiri.

Reporter : Ibnu Fauzi

Redaktur : Robby Darmawan

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas