" > 2 mnt membaca"> FKUB Jabar Gelar Kemah Lintas Agama - Suaka Online
Lintas Kampus

FKUB Jabar Gelar Kemah Lintas Agama2 mnt membaca

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar berpoto bersama peserta Kemah Bakti Generasi Muda Lintas Agama setelah membuka kegiatan tersebut (24/2/2015). (Do. Pribadi)

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar berpoto bersama peserta Kemah Bakti Generasi Muda Lintas Agama setelah membuka kegiatan tersebut (24/2/2015). (Do. Pribadi)

SUAKAONLINE.COM, Sumedang– Guna terwujudnya kerukunan antar umat beragama khususnya di Jawa Barat. Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Jawa Barat untuk pertama kalinya menggelar Kemah Bakti Generasi Muda Lintas Agama, sabtu dan minggu (24-25/2/2015), di Bumi Perkemahan Kiara Payung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar turut hadir sekaligus membuka kegiatan tersebut. Peserta kegiatan Kemah Bakti merupakan kalangan generasi muda lintas agama se-Jawa Barat. Terdiri dari 35 peserta penganut agama Islam, 15 peserta mewakili Kristen Katolik, Protestan 15 peserta, Hindu 10 peserta, Budha 8 peserta, dan Konghucu 9 peserta. Sembilan puluh dua peserta ini menjadi angkatan pertama.

Dalam sambutannya ketua pelaksana, Yaya mengungkapkan maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut untuk mencegah terjadinya konflik komunal antar umat beragama di kalangan generasi muda. “Agar terciptanya toleransi antar umat beragama untuk mewujudkan program Jabar kondusif.” ujarnya Yaya.

Ia juga berharap peserta berkomitmen untuk menjelaskan dan dapat menularkan nilai-nilai keragaman beragama dilingkungan masing-masing. Sehingga mampu menganalisa dan menggali berbagai ancaman, tantangan serta hambatan terhadap penerapan toleransi  beragama. Peserta juga diharapkan mampu melakukan deteksi dini dan melakukan tindakan reventif terhadap potensi konflik komunal yang bermotif agama.

Agenda kegiatan kemah tersebut diantaranya simulasi dalam melakukan toleransi antar umat beragama, pentas seni budaya tradisional dari beberapa daerah, seminar dan lokakarya (semiloka), pemecahan masalah atas dinamika keagamaan yang terjadi di masyarakat, focus grooup discussion. Dan di penghujung kegiatan, dilakukan diskusi dan pembuatan rekomendasi sebagai bahan kajian dan kebijakan, dalam pembinaan kerukunan umat beragama di Jawa Barat.

Salah satu peserta, Mentari Alpha Christianty mengaku terkesan dengan kegiatan tersebut, “Bagus, karena pemerintah mulai membuka ruang toleransi dalam beragama.” ungkapnya pada Suaka. Peserta perwakilan dari Kristen tersebut berkomitmen terbuka terhadap keberagamaan yang ada dilingkungannya.

Alpha berharap semoga anak muda bisa sadar keberagaman agama guna membuka diri untuk toleransi. “Saya setuju dengan toleransi beragama.” tegasnya.

Reporter           : Ridwan Alawi

Redaktur           : Isthiqonita

3 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas