Kampusiana

MKS UIN Bandung Gelar BRISMA Fest: Aktualisasi Menuju Generasi Emas

Spiritual Motivator & Entrepreneur, Komarudin Chalil, tengah menyampaikan materi pada Seminar Nasional acara Opening Ceremony Brilliance Syaria Financial Management Festival HMJ MKS UIN SGD Bandung di Ballroom Hotel Yehezkiel Bandung, Kamis (16/12/2021). (Foto: Siti Hannah Alaydrus/Suaka)

SUAKAONLINE.COM – Jurusan Manajemen Keuangan Syariah (MKS) UIN SGD Bandung mengadakan Brilliance Syaria Financial Management Festival (BRISMA FEST) dengan mengusung tema utama “Aktualisasi Mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah Menuju Generasi Emas Bangsa dalam Asas Kebersamaan dan Keberagaman”. Acara puncak berskala nasional itu berlangsung di Hotel Yehezkiel Bandung & Aula FEBI UIN SGD Bandung, pada 15 hingga 18 Desember 2021.

Ketua Umum HMJ MKS UIN Bandung, Mochammad Fadli Altamizi menyebutkan kegiatan yang berlangsung secara blended (daring dan luring) ini merupakan rangkaian dari tiga kegiatan besar. Yakni, pertama, Musyawarah Nasional Forum Nasional Manajemen Keuangan Syariah Indonesia (FORNAS MAKESYA). Di mana untuk tahun ini, MKS UIN SGD Bandung menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan musyawarah nasional tersebut. 

Kedua, Semarak Dunia Ekonomi Islam yang terdiri dari seminar nasional dan berbagai perlombaan, di mana untuk lingkup nasional, terdiri dari Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Business Plan, Stocklab Competition, Cerdas Cermat Keuangan Syariah, serta diikuti pemilihan Mojang & Jajaka di lingkup MKS UIN Bandung. Terakhir, ditutup dengan kegiatan seremonial Milad MKS UIN Bandung yang ke-12 tahun. 

Fadli menambahkan, kegiatan ini diikuti oleh delegasi mahasiswa MKS dari 14 kampus UIN/IAIN se-Indonesia, mulai dari Sumatera hingga Ternate. “Tujuannya menjalin forum komunikasi, silaturahmi, dan konsolidasi dari tiap HMJ/HMPS Manajemen Keuangan Syariah se-Indonesia. Tak hanya itu, kegiatan ini diharapkan menjadi sarana aktualisasi diri mahasiswa dalam berorganisasi dan membentuk skill individu baik akademik maupun non-akademik. Sehingga mahasiswa MKS lebih leluasa dalam mengembangkan dan memajukan ekonomi nasional,” ujarnya, Kamis (16/12/2021)

Senada dengan Fadli, Presidium Nasional FORNAS MAKESYA, Nabil Muhammad Alawi dalam sambutannya pun mengutarakan meski berasal dari berbagai latar belakang, mahasiswa MKS saat ini punya satu tujuan bersama yaitu akselerasi keuangan syariah agar Indonesia menjadi pusat ekonomi syariah di dunia. 

“Paradigma dan pemahaman keuangan syariah ini masih kurang dirasakan di masyarakat. Perlu ada edukasi dan literasi dari kita khususnya selaku mahasiswa MKS yang juga sebagai mahasiswa calon generasi emas 2045. Jangan sampai tidak siap dengan perubahan zaman ekonomi digital kedepannya, khususnya bidang keuangan syariah,” sambung Nabil.

Rangkaian acara yang cukup panjang tersebut turut dihadiri oleh jajaran berbagai ormawa lingkup FEBI dan Universitas. Dadang Husein Sobana selaku Ketua Jurusan MKS UIN SGD Bandung mengungkap kebanggaan atas terselenggaranya festival perdana ini. Dengan harapan prodi MKS menjadi prodi yang akan terus eksis dan melahirkan penerus ekonomi bangsa yang bermanfaat. 

Tak jauh beda, Wakil Dekan III FEBI, Muhammad Zaky turut menyampaikan rasa bangga atas terselenggaranya kegiatan ini dan berharap kegiatan ini menghasilkan suatu rekomendasi, masukan dan perspektif mahasiswa untuk memajukan jurusan MKS. 

“Mengikuti perubahan saja tidak cukup. Untuk jadi pemenang, kita harus memimpin perubahan tersebut serta bagaimana kita mampu menghadapi tantangan sosial,” tegas Zaky dalam sambutannya.

Sementara itu, M. Yusril, sebagai salah satu delegasi dari MKS UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang juga turut hadir sebagai peserta Stocklab Competition, mengungkap rasa terima kasihnya atas terselenggaranya kegiatan ini. “Kalau kemarin kita hanya dipertemukan sesama wilayah saja seperti Probolinggo, Tulungagung, dan Yogya. Acara kali ini bukan hanya ranah wilayah, tapi secara nasional. Bisa silaturahmi, bertukar ide, gagasan, bisa banyak belajar antar HMJ MKS se-Nasional dan bertemu langsung dalam satu tempat,” pungkasnya, Jum’at (17/12/2021).

Reporter : Siti Hannah Alaydrus

Redaktur : Fuad Mutashim

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Ke Atas