" > 2 mnt membaca"> PDKT dengan Buku - Suaka Online
Fresh

PDKT dengan Buku2 mnt membaca

Buku

Ketua Lembaga Pengkajian Ilmu Keislaman (LPIK) Zulfi Saeful Jalil sedang meengambil buku di secretariat LPIK, Kamis (23/4/2015). Saat ini budaya membaca di kalangan mahasiswa semakin menurun. (SUAKA/Desti Nopianti),

SUAKAONLINE.COM, Fresh — Pernah denger gak sih sebuah pepatah yang mengatakan bahwa sebaik-baiknya temen adalah buku? Yups, dalam mahfudzot (kata bijak) tersebut dikatakan bahwa buku adalah teman terbaik yang pernah kita miliki. Tetapi, kalian pernah merasakan kesulitan bukan untuk memulai membaca buku? Padahal, kamu udah tau dong bagaimana pentingnya membaca buku? Apalagi kita tau ya Fresh Reader kalau mahasiswa adalah kaum intelektual.

Menurut Ketua Lembaga Pengkajian Ilmu Keislaman (LPIK) Zulfi Saeful Jalil, jika mahasiswa tidak membiasakan diri untuk membaca buku sejak dini, maka mahasiswa itu tak ubahnya orang yang buta huruf. Mengalami kegelapan yang menyulitkan mereka untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan yang memadai. Oh what a terrible situation, isn’t it?

“Saya ingat, kalo gak salah Tan Malaka pernah bilang bahwa ada kalanya rakyat akan menuntut segala ilmu pengetahuan dari katakanlah kalangan terdidik, termasuk mahasiswa. Mahasiswa bisa diibaratkan perigi yang tak boleh kering,” katanya beberapa waktu lalu. Tentunya Fresh Reader harus sadar ke arah sana.

Mahasiswa yang dari Senin sampai Jum’at mengisi waktu luangnya dengan kuliah di jurusan Sejarah Peradaban Islam ini menyebutkan, ada beberapa faktor yang bisa membuat kita akan mulai mencintai dan menjadikan buku sebagai pedoman bagi kehidupan. Yuk simak. Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membaca hal-hal yang kalian butuhkan. Tentunya sebagai kaum intelektual, Fresh Reader sering dibuat pusing dengan tugas yang diberikan oleh dosen.

Namun, kecanggihan teknologi membuat sebagian orang memilih untuk copy paste, maka tak jarang juga mahasiwa tidak mengerti dengan isi makalah yang ia buat. Padahal, jika kalian membaca bukan karena keterpaksaan, akan membuat kamu memiliki referensi dan sedikit demi sedikit mengetahui hal-hal yang baru

Kedua, membaca hal-hal yang dirasa dekat dengan kehidupan kamu ya guys. Membaca tema-tema sederhana seperti hal-hal yang berhubungan dengan pengalaman kemanusiaan. Di antaranya biografi, tulisan orang-orang yang ditulis di blog ataupun novel-novel karya penulis favorit kalian, bisa membuat kalian lambat laun beralih kepada bacaan yang lainnya.

Ketiga, isi waktu luang dengan membaca. Dalam satu hari kamu bakalan menemukan waktu di mana kamu tidak memliki kegiatan apa-apa. Sebelum kamu tidur biasakanlah membaca buku 15-30 menit atau sambil menunggu teman mau pun kendaraan umum. Tentunya, Fresh Reader harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin ya.

Keempat, merasa membutuhkan buku. Jika dalam diri kalian diterapkan dengan stimulus pentingnya membaca, maka kalian akan merasa ketakutan jika tidak membaca buku. So, bagi kalian yang masih malas-malasan membaca. Mau jadi apa kalau tidak rajin membaca? Sedangkan, bumi masih berputar dan kamu ketinggalan banyak informasi dan pengetahuan. Keep reading Fresh Reader!

Reporter : Desti Nopianti Priatna

Redaktur : Anjar Martiana

3 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas