1 mnt membaca"> Penghapusan Sistem “Outsourcing” Masih Tuntutan Utama Kaum Buruh - Suaka Online
Lintas Kampus

Penghapusan Sistem “Outsourcing” Masih Tuntutan Utama Kaum Buruh1 mnt membaca

 

Hari Buruh

Seorang orator sedang melakukan orasi di hadapan para buruh dalam rangka memperingati May Day 2014, di Gedung Sate Bandung, Kamis (1/5/2013).  Foto: Adi Permana/Suaka

SUAKAONLINE.COM, BANDUNG – Memperingati Hari Buruh se-Dunia pada 1 Mei 2014, ribuan buruh kembali melakukan aksi demonstrasi di depan Gedung Sate, Bandung, Kamis (1/5/2013). Ribuan buruh tersebut tergabung dalam beragam aliansi, diantaranya; Federasi Serikat Pekerja Kerakyatan (FSPK), Konfederasi Pergerakan Rakyat Indonesia (KPRI) dan Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI).

Penghapusan sistem outsourcing masih menjadi tuntutan utama para buruh. Selain itu mereka juga menuntut kenaikan Upah Minimum Regional (UMR), peningkatan jaminan sosial, pendidikan gratis sampai perguruan tinggi dan kesehatan gratis.

“Kita harus tetap semangan kawan-kawan untuk memperjuangkan hak-hak kami. Sudah bertahun-tahun kami jadi buruh, tapi kami belum merasakan kesejahteraan,” ujar koordinator aksi dari KASBI saat memberikan orasi.

Di Bandung, selain berorasi para buruh juga mempertontonkan kesenian khasi Sunda Kuda Lumping dan aksi teatrikal berupa gurita yang dipasang bendera-bendera Negara adidaya seperti Amerika, Prancis, Rusia, Israel sebagai simbol kekuasaan.

Dari pantaun Suaka, sebelum menuju Gedung Sate, para demonstran terlebih dulu melakukan longmarch dari arah jalan Braga dan sebagian masa aksi lainnya dari arah Masjid Pusdai. Aksi berlangsung tertib dan kondusif di bawah kawalan ketat oleh Polisi anti huru-hara beserta Polisi Wanita.

Reporter : Adi Perman/Suaka

Redaktur : Ratu Tresna Ning Gusti

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas