" > 1 mnt membaca"> Ribuan Mahasiswa Bandung Ikuti Pelatihan Jurnalistik - Suaka Online
Lintas Kampus

Ribuan Mahasiswa Bandung Ikuti Pelatihan Jurnalistik1 mnt membaca

Tiga Jurnalis senior Metro TV memaparkan materi saat mengisikegiatan Pelatihan Jurnalistik, di Sabuga ITB, Kamis (12/3/2015). (Anjar Martiana/Suaka)

Tiga Jurnalis senior Metro TV memaparkan materi saat mengisikegiatan Pelatihan Jurnalistik, di Sabuga ITB, Kamis (12/3/2015). (Anjar Martiana/Suaka)

SUAKAONLINE.COM, Bandung – Metro TV selenggarakan Pelatihan Jurnalistik yang menghadirkan Presenter Senior Zelda Savitri, Jurnalis Senior Andi SG, dan Kameramen Senior Budiyanto. Sekitar 2000 mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Bandung mengikuti acara ini yang bertempat di Sasana Budaya Ganesa (Sabuga) ITB, Kamis (12/3/2015).

Menurut Zelda dalam melaporkan berita jurnalis harus cover both side. Tidak memihak dan harus cepat tanggap dalam situasi apa pun. Yang terpenting unsur 5W 1H (what,  who,  where, when, why, how) tersampaikan.

Ia juga berpesa profesi jurnalis bagaikan tempat penitipan. “Titipan mata, mulut dan telinga publik. Ini merupakan tanggung jawab yang tidak mudah. Attitude yang baik sangat penting dimiliki jurnalis,” kata Zelda.

Salah satu peserta dari  Ilmu Komunikasi Humas UIN SGD Bandung, Irwansyah mengaku  tidak mau menyia-nyiakan kesempatan belajar langsung bersama Kru Metro TV. “Walaupun tegang, tapi gak ada salahnya mencoba, mumpung ada di sini,” ungkapnya.

“Disini dapat ilmu baru, yang saya dapat adalah seorang jurnalis itu jangan arogan walaupun sudah tambil di layar kaca. Ketiga pembicaranya pun sudah senior sehingga tidak terkesan menggurui, benar-benar sharing,” ujar mahasiswi UPI jurusan Ilmu Perpustakaan Informasi, Gema Sepoyan saat ditemui usai acara.

Sebagai penutup, Budiyanto menyampaikan menjadi seorang jurnalis itu nyaris disembahyangkan. Setengah ada di dunia, setengah ada di lubang (akhirat-Red). Jurnalis harus berjihad, dan menerima resiko itu. Ia mewakili Metro TV berharap, dari Pelatihan Jurnalistik ini dapat memberi semangat lebih kepada para peserta.

Reporter       :Anjar Martiana

Redaktur      : Isthiqonita

 

6 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas