" > 2 mnt membaca"> Tips Mengatasi Kantong Kering di Akhir Bulan - Suaka Online
Fresh

Tips Mengatasi Kantong Kering di Akhir Bulan2 mnt membaca

Dok. Net

SUAKAONLINE.COM, Fresh—Alloha Fresh Reader, By the way akhir bulan menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa yang menyandang gelar sebagai “Anak Kost”. Kebanyakan dari mereka kerap kali mengalami masalah klasik,  yaitu kehabisan uang saku alias kantong kering di akhir bulan.  Kali ini Fresh Crew bakalan kasih solusi nih buat Fresh Reader,  cara  mengatur uang saku agar digunakan dengan bijak.

Menurut Dosen Keuangan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN SGD Bandung, Setia Mulyana, kebanyakan dari mahasiswa yang menyandang gelar anak kost belum bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Meskipun orang tua telah memberikan uang saku untuk kebutuhan sehari –hari. Sebagian anak kost masih merasa kekurangan, karena uang saku belum digunakan dengan tepat.

Jadi hal pertama yang harus Fresh Reader lakukan yaitu membuat skala prioritas setiap awal bulan. Saat  berbelanja bulanan  Fresh Reader harus bisa memilih barang-barang yang menjadi kebutuhan pokok terlebih dahulu. Sisa uangnya  bisa digunakan untuk biaya sehari-sehari seperti makan, ongkos dan jangan lupa sisihkan uang untuk di tabung.

Mungkin Fresh Reader bertanya – tanya bagaimana sih caranya untuk bisa menabung ? Jatah perhari saja sudah mepet! Biasanya komentar itu sering datang dari kebayakan anak kost.     ”Kalian memang harus sedikit lebih mengencangkan ikat pinggang untuk bisa menabung. Jangan pikirkan waktu sekarang, tapi coba pikirkan manfaatnya di waktu-waktu berikutnya,” ungkap Setia Mulyana saat di temui Suaka, Kamis, (10/3/2016).

Selain menabung Fresh Reader juga bisa berwirausaha untuk menambah pendapatan. Seperti yang dilakukan Sabrina Dewi mahasiswi yang mendapatkan penghasilan lebih dari online shop, “untuk menambah penghasilan kita dapat berwirausaha, walaupun hanya dengan online shop, tapi alhamdullilah dapat meringankan beban orang tua ,” ujar nya saat di temui oleh Fresh Crew di kediaman nya (11/3/2016).

Senada dengan Sabrina, Setia juga menyarankan para mahasiswa khususnya anak kost agar bisa belajar menjadi enteurpreuner muda. Menurutnya tanpa disadari banyak peluang usaha yang bisa dimanfaatkan oleh Fresh Reader di sekeliling kampus.  So, tunggu apa lagi, manfaatkan peluang untuk mendapatkan penghasilan lebih selain dari orang tua.

Menabung dan berwirausaha juga belum cukup untuk mengatasi kekurangan uang saku di akhir bulan. Fresh Reader diwajibkan untuk bersedekah. Karena dengan bersedekah rezeki akan ditambahkan dua kali lipat oleh Allah SWT. Anyway tips dan solusi dari Fresh Crew semoga bermanfaat untuk Fresh Reader and good luck to you all!.

Reporter    : Raka M Aziz / Magang

Redaktur    : Ulfah Choirun Nissa

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas