2 mnt membaca"> Tur Festival Film Perancis, Tularkan Budaya Prancis Melalui Film - Suaka Online
Fresh

Tur Festival Film Perancis, Tularkan Budaya Prancis Melalui Film2 mnt membaca

 

[Suakaonline]-Sebagai negara yang menjadi trendsetter dunia mode nampaknya Prancis tidak puas hanya berbagi budaya melalui fashion, mereka pun memamerkan kreatifitas melalui ajang festival film Prancis yang digelar di beberapa kota termasuk Bandung, Indonesia.


Tur festival film Prancis merupakan acara tahunan yang diselenggarakan kedutaan Prancis dalam rangka mengenalkan Prancis kepada masyarakat khususnya mereka yang mempelajari bahasa Prancis.


“Biasanya pengunjung untuk pemutaran film banyak yang dari murid-murid bahasa Prancis, makanya gak heran kalau tiba-tiba bioskop atau auditorium penuh,” ungkap Fitri Permatasari yang merupakan sarjana pendidikan Prancis UPI memberikan keterangan, Senin (14/01).


Bertempat di IFI (Institut Francais Indonesia) sebagai pusat kedutaan Prancis di Bandung, hari Senin (14/01) acara opening tur festival ini dimulai dengan acara sinematografi yang didukung penuh oleh campus france yaitu tim schoolarship Perancis  sebagai ajang promosi bagi pendidikan di Prancis dan tentu dalam rangka festival film Prancis ini mereka memberikan informasi sebanyak-banyaknya mengenai sekolah sinematografi di Prancis termasuk beasiswanya juga.


Keramaian tur festival ini sedikitnya mulai menarik perhatian pengunjung yang hadir ke auditorium IFI saat pemutaran film pendek karya anak muda Bandung yang berjudul ‘Penghulu’ film berdurasi sekitar 6 menit ini merupakan hasil dari kompetisi film pendek nasional pertama yang diselenggarakan oleh Festival Film Prancis, film ini berhasil menjuarai 4 nominasi setelah berkompetisi dengan 10 judul film pendek lainnya. Kabar  yang lebih menyenangkan adalah pemenang diberi hadiah berupa perjalanan ke Prancis.


Acara berlanjut dengan pemutaran film karya Olivier Assayas, film “Irma Vep” menjadi film perdana yang diputar di auditorium IFI Senin sore. Film lain akan diputar di Museum Asia Afrika selasa (15/01) pukul 13:00. Rabu-kamis (16-17) di auditorium IFI jalan purnawarman no 32, Bandung.


Sebagai puncak acara, sepertinya tanggal 19-20 Januari yang menjadi tanggal diputarnya film-film karya  terbaik yang diputar di XXI Trans Studio Mall tanggal 19-20 Januari. Film-film ini merupakan film perdana yang tayang di Indonesia, jadi sangat sayang sekali dilewatkan bagi kalian yang mengaku menyukai Prancis.


Untuk datang dan menikmati film ini pengunjung harus menyiapkan uang untuk tiket masuk sebesar Rp. 20.000. Untuk  Informasi mengenai pemutaran film dan jadwal bisa bisa datangi kantor IFI Bandung yang bertempat di depan Bandung Elektronik Centre atau klik www.institutfrancais-indonesia.com. juga akun  twitter @IFI_BANDUNG. Apakah tahun sekarang akan seseru tahun kemarin? We’ll see yaaa.

 

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.