2 mnt membaca"> Dedi Mulyadi Resmikan Taman Air Mancur Terbesar di Indonesia - Suaka Online
Lingkungan dan Kesehatan

Dedi Mulyadi Resmikan Taman Air Mancur Terbesar di Indonesia2 mnt membaca

Dok. tribunnews.com

Dok. tribunnews.com

SUAKAONLINE.COM, Purwakarta – Taman air mancur terbesar se-Indonesia yang berada di Kawasan Situ Buleud Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (27/12/2014) malam diresmikan. Taman yang dinamai Taman Sribaduga tersebut diresmikan langsung oleh Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi dan disaksikan oleh ribuan warga Purwakarta dan sekitarnya.

Taman air mancur ini digadang-gadang sama dengan Wing Of Time di Singapura, dengan kekuatan pancuran air setinggi tujuh meter. Dibangun Pemerintah Kabupaten Purwakarta sebagai bagian dari promosi wisata. Terletak di tengah kota, dengan luas area dua hektar, menyulap sebuah danau kecil (situ) yang disebut Situ Buleud.

Saat peresmian, ditampilkan drama yang menceritakan lahirnya Taman Sri Baduga, yang diangkat dari kisah Kerajaan Padjadjaran. Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi mengatakan, pembangunan taman air mancur yang fenomenal tersebut tidak terlepas dari keinginanya untuk membuat monumen kebanggaan bagi Kabupaten Purwakarta. Layaknya bangunan Menara Eiffel yang menjadi kebanggan Prancis

“Jakarta punya Monas. Perancis punya Eiffel. Purwakarta punya air mancur di Situ Buleud. Sesuatu monumental yang menjadi kebanggan warga Purwakarta,” katanya.

Dedi juga mengungkapkan, “Walau taman ini modern, dengan air mancur di sekeliling danau, namun konsep kami ingin mengangkat citra Purwakarta yang tidak melupakan sejarah Padjadjaran,” ungkap pria yang sering memakai iket kepala ini.

Penataan taman kota ini juga sebagai bagian komitmen Dedi menumbuhkan Purwakarta sebagai tujuan wisata. Menurutnya, Purwakarta akan tumbuh menjadi gadis cantik, yang hanya dengan senyuman saja, orang akan tertarik untuk datang.

“Bukan gadis yang dihabiskan sumber daya alamnya, sehingga menimbulkan berbagai penyakit. Kami tidak mau ada longsor, banjir dan berbagai penyakit lainnya,” ujar Dedi.

Pembangunan sarana taman yang menelan biaya hampir Rp 24 miliar tersebut, sebut Dedi, tidak membebani APBD Kabupaten Purwakarta. Apalagi, lanjutnya, target minimal dan kebutuhan dasar masyarakatnya sudah dapat terpenuhi.

“Semua dilakukan setelah target minimal pembangunan Purwakarta sudah hampir selesai. Jalan, pendidikan gratis, pengobatan gratis. Pelayanan dasar masyarakat memadai lebih dari tempat lain,” ungkap Dedi kepada awak media saat ditemui di Pendopo Bupati.

Peresmian air mancur ini disambut antusias warga. Salah satu warga Purwakarta, Rudi Rudiansyah (32) mengatakan, dirinya merasa bangga menjadi warga Purwakarta dengan diresmikannya Taman Sribaduga

Dirinya mengaku salut kepada Bupati Purwakarta. “Salut sama Kang Dedi, semenjak ia menjadi Bupati Purwakarta menjadi lebih maju. Walaupun Kabupaten terkecil, Purwakarta mampu bersaing dengan Kabupaten-kabupaten di Jawa Barat,” tutupnya.

Reporter              : Wisma Putra

Redaktur             : Robby Darmawan

4 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas