Advertorial

Hayu Dianjar Bumi Pasundan 2021, Wadah Meningkatkan Kepedulian Akan Pendidikan

Dok.Pribadi

SUAKAONLINE.COM – Jabar Bergerak Zillenial mengadakan serangkaian acara Hayu Dianjar Bumi Pasundan 2021 dari akhir bulan September hingga Minggu (07/11/2021). Acara ini berfokus pada kesadaran akan pendidikan, dan diikuti berbagai rangkaian acara. Mulai dari perekrutan volunteer, pelaksanaan kegiatan volunteering di 27 panti asuhan, dan berakhir ditutup oleh kegiatan After Party Volunteer.

Sebagai acara yang berfokus pada pendidikan, acara Hayu Dianjar Bumi Pasundan memiliki tujuan untuk meningkatkan pendidikan. Bukan hanya sebatas pendidikan yang membahas mengenai pengetahuan yang sudah sering ditemui dalam buku-buku, melainkan lebih ke pendidikan karakter bagi para pemuda  Jawa Barat. Hal ini disampaikan oleh salah satu panitia Hayu Dianjar Bumi Pasundan 2021, Pupung Nurhapipah saat diwawancara melalui Whatsapp, Senin (08/01/2021).

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan khususnya pendidikan karakter yg sesuai dengan agama, norma, budaya dan nilai-nilai Pancasila. Juga membangun pemuda milenial Jawa Barat agar lebih sadar akan kemajuan dan penyamarataan pendidikan khususnya di daerah Jawa Barat.” Paparnya.

Adapun acara inti dari Hayu Dianjar Bumi Pasundan 2021 adalah acara volunteering secara offline di 27 panti asuhan di daerah Jawa Barat. Acara volunteer ini diikuti oleh 409 volunteer yang sudah melewati tahap seleksi serta pelatihan. Selama kegiatan di panti asuhan para volunteer tidak hanya menyampaikan materi melainkan terdapat kegiatan lainnya.

Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain  Pengenalan Profesi dan Cita-cita, Jelajah Buku, Jelajah Bahasa (Bahasa Inggris dan Daerah), Fun Activities (Permainan Tradisional). Lalu Kisah Indonesia (Jas Merah Indonesia, Pancasila dan Kebhinekaan), Self Awareness (Perlindungan diri atau Boundaries, Mengenal dan Meregulasi Emosi, Menjaga Kesehatan di era Covid 19) dan Materi pilihan (Menonton Film, Prakarya, Pentas Seni, Olahraga).  

Kegiatan yang juga menggaet Bank Jawa Barat serta Pebasket Indonesia yaitu Deny Sumargo sebagai sponsorship. Selain mampu memberikan ilmu dari para volunteer kepada adik-adik di panti asuhan, juga dapat menyumbangkan beberapa alat penunjang belajar seperti alat tulis, buku bacaan, alat olahraga dan lain sebagaianya.

Selain berkesan bagi para anak-anak yang ada di panti asuhan acara Hayu Dianjar Bumi Pasundan ini juga memiliki kesan tersendiri bagi para volunteer. Hal ini disampaikan oleh Nur Muslim, salah satu volunteer dari Kabupaten Tasikmalaya yang mengatakan bahwa dengan mengikuti volunteer ini dia bisa merasakan rasa saling kasih sayang dan saling menghargai

“Pertama untuk kesan saya sangat terkesan sekali melihat kegiatan Jaber Zillenial Bergerak yang luar biasa ini, yang mana saya bisa merasakan kasih sayang lebih dari seorang anak yang ditinggalkan atau tidak ada orang tua kita saling menghargai disana.” Jelasnya saat diwawancara melalui Whatsaap, Senin (08/10/2021).

Reporter : Deny Puspita Sari/Suaka

Redaktur : Fauzan Nugraha/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Ke Atas