2 mnt membaca"> HMJ BSA Gelar Gradasi 2021 Secara Online - Suaka Online
Kampusiana

HMJ BSA Gelar Gradasi 2021 Secara Online2 mnt membaca

Mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab UIN SGD Bandung tengah melaksanakan live perform pada puncak acara Gelanggang Kreasi Dunia Arab Berprestasi (Gradasi) via zoom meeting, Senin (12/4/2021)

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Fakultas Adab dan Humaniora menyelenggarakan acara Gelanggang Kreasi Dunia Arab Berprestasi (Gradasi) pada tanggal 9 – 12 April 2021. Acara ini merupakan ajang perlombaan tingkat nasional yang diadakan secara online dengan tema “Indah Bahasa Sebagai Penyempurna Kehidupan Berbangsa”.

Ketua pelaksana Gradasi, Arifin Riguana memaparkan alasan pemilihan tema tersebut karena situasi sosial masyarakat zaman sekarang yang memang mengesampingkan estetika dari bahasa itu sendiri. Kemudian kembali lagi ke peran dan fungsi bahasa sebagai media komunikasi. Sayangnya masyarakat tak jarang melupakan nilai seni dari sebuah bahasa. Padahal dengan mengaplikasikan bahasa dengan baik, kita memperoleh kesempurnaan  yang dapat menopang kehidupan berbangsa.

“Acara ini dilaksanakan sebagai ajang silaturahmi dan ajang pengembangan diri, kreatifitas untuk mencari duta-duta mahasiswa berbasis bahasa arab yang memang kompeten dibidangnya, juga sebagai ajang perlombaan mencarai talenta atau potensi baru, yang dikemudian dapat ikut serta lagi di kancah nasional maupun internasional.” Paparnya, Senin (12/4/2021).

Perlombaan yang diselenggarakan dalam Gradasi ini diikuti kurang lebih oleh 280 peserta yang terbagi menjadi dua kategori yaitu mahasiswa dan umum. Untuk kategori mahasiswa jenis lomba yang diselenggrakan adalah Debat Bahasa Arab dan Qiroatul Akhbar.

Sedangkan untuk kategori umum adalah  Khitobah, Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK), Ghina Araby, Puisi Arab, Kaligrafi, Taqdimul Qisha, Short Movie dan Essay Bahasa Arab. Seluruh perlombaan dilaksanakan secara online, dengan beberapa agenda lain seperti webinar dan Senandung Cinta Gradasi.

Muhammad Faris Imaduddin, peserta sekaligus pemenang cabang perlombaan Khitobah memaparkan motivasinya mengikuti lomba tersebut. Menurutnya mengikuti lomba dicabang khitobah ini dapat mengembangkan diri sesuai minat dan bakat yang dimilikinya. Selain itu, hal ini juga menjadi salah satu wadah untuk menyalurkan kemampuannya dan sebagai pengalaman yang dapat menjadi bekal untuk kedepannya.

Baca juga:  Memahami Bencana dan Pergeseran Paradigma Penanggulangan

“Alhamdulillah, saya bahagia dan bangga, karena bisa menjadi salah satu pemenang dalam acara ini, bukti bahwa usaha tidak mengkhianati hasil. Semuanya sudah takdir, tapi takdir kan tidak terjadi begitu saja, ada hal-hal yg mendorong kita untuk kesana. Hal-hal seperti ini juga yang menjadi pembelajaran bagi saya dan menjadi juara adalah memiliki tanggung jawab lebih.” Tuturnya Selasa (13/4/2021).

Closing Ceremony dan Live Concert acara Gradasi ini menghadirkan Band “Bumi Memanggil” yang dapat dinikmati secara online maupun offline dengan membawakan tujuh lagu dengan durasi kurang lebih 30 menit, yang dua diantaranya berjudul “Tapi Aku Bisa Mencintaimu” dan “Tak Ada Cinta Tak Ada Kedamaian”, pada Senin (12/4/2021).

Reporter          : Salsabyla Farihati/Suaka

Redaktur         : Fauzan Nugraha/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas