" > 3 mnt membaca"> HMJ HPI Salurkan Bantuan kepada Masyarakat Sekitar Kampus - Suaka Online
Kampusiana

HMJ HPI Salurkan Bantuan kepada Masyarakat Sekitar Kampus3 mnt membaca

Dok. Pribadi

SUAKAONLINE.COM- Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Hukum Pidana Islam (HPI) UIN SGD Bandung Bidang Kerjasama Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (KPPM) menyalurkan bantuan untuk mahasiswa HPI yang tidak bisa pulang ke kampung halaman, masyarakat kurang mampu di daerah Cilengkrang atas, masyarakat yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dan para pedagang yang berada di sekitar Cibiru, Jumat (15/5/2020). Penyaluran bantuan tersebut merupakan bentuk ikhtiar HMJ HPI untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi.

Ketua HMJ HPI, Ihsan Diapari Nasution menyampaikan bahwa dalam kondisi di tengah pandemi saat ini sangatlah berpengaruh terhadap roda organisasi, yang menyebabkan banyaknya kegiatan menjadi terbengkalai, terlebih melihat pemerintah yang seperti main-main dalam menangani kondisi saat ini dan tidak meratanya bantuan yang diberikan. “Kalau untuk mahasiswa HPI yang memang tidak bisa pulang menjadi perhatian lebih dari kami pihak HMJ, untuk selalu menanyakan kondisi dan mencarikan bantuan yang sekiranya bisa disalurkan kepada teman-teman yang tidak bisa pulang,” paparnya saat dihibungi via WhatsApp, Jumat (15/5/2020).

Lebih lanjut, Ihsan menyampaikan pihaknya sudah mulai membuka posko pengaduan terkait pelaksanaan kuliah daring, kompensasi UKT, dan fasilitas perkuliahan yang memang kurang jelas dan kurang pengawasan. Selain itu, beberapa diskusi online tentang dampak pandemi dan diskusi lainnya telah dijalankan. Ihsan berharap semoga pandemi ini segera berlalu, juga menginginkan agar pemerintah membuka mata untuk membantu masyarakat kecil yang terdampak pandemi, dan birokrasi kampus harus segera merealisasikan tuntutan mahasiswa yang telah disampaikan oleh Dema-F di ruang lingkup kampus.

Menurut Ketua Bidang KPPM HMJ HPI, Adam Abdullah mengatakan bahwa penyaluran donasi tersebut merupakan bagian dari Program Kerja (Proker) yang dikembangkan bakti sosial, karena proker tersebut bergerak dalam ranah sosial masyarakat. Maka dari itu bidang KPPM mengadakan kegiatan kepedulian, dan kegiatan tersebut tidak hanya berjalan saat pandemi, tetapi telah berjalan dari awal kepengurusan HMJ HPI.

Baca juga:  Inkonsistensi Kemenag dan Kampus: Tuntutan Keras Dibalas Harapan Palsu

Sebelum menyalurkan bantuan, HMJ HPI telah mengadakan penggalangan dana dengan memanfaatkan sosial media, karena melihat kondisi saat ini yang dirasa tidak bisa melakukan suatu kegiatan dengan leluasa serta adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jawa Barat yang membuat akses semakin terbatas. Penggalangan dana tersebut telah dimulai sejak tanggal 20 April hingga 10 Mei 2020 lalu.

Adam juga menjelaskan untuk proses penyaluran dari hasil donasi tersebut digunakan untuk membeli bahan pokok yang kemudian dikemas menjadi sembako dan ia pun meminta maaf jika masih kurang dalam pembagiannya. “Mohon maaf apabila banyak yang belum kebagian, karena kita bikin nya seadanya. Tapi semoga saja yang belum merasakan bantuan dari pemerintah itu segera mendapatkan bantuan, dan yang sudah mendapatkan bagian dari kami semoga bermanfaat, ” jelasnya saat dihubungi via WhatsApp.

Salah seorang mahasiswa yang menerima bantuan, M. Aby Yaksa menyampaikan bahwa ia terpaksa tidak pulang kampung karna kendala PSBB dan transportasi. “Enggak bisa pulang karena saya telat pulang saat sebelum PSBB, soalnya saya tidak memiliki kendaraan bermotor jadi hanya memakai transportasi umum seperti bus.” Pungkasnya.

Selain mendapat bantuan dari HMJ HPI, Yaksa pun sebelumnya telah menerima bantuan dari RT setempat. Meski bantuan yang diberikan dirasa sulit untuk diolah, karena berisikan terigu, minyak, garam, dan mie yang harus menggunakan kompor. Namun Yaksa merasa bersyukur dan berterimakasih  karena masih banyak orang yang mau berbagi. Ia pun berharap semoga pemberi bantuan baik pemerintah maupun non pemerintah dapat menelaah terlebih dahulu apa yang dibutuhkan oleh penerima, agar apa yang dibetikan bisa bermanfaat untuk semua.

Reporter: Anisa Nurfauziah dan Auliya Umayna/Magang

Baca juga:  Mahasiswa UIN Bandung Raih Juara I Infografis Nasional 2020

Redaktur: Hasna Fajriah

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2016 Suaka Online │ LPM SUAKA UIN SGD Bandung

Ke Atas