" > 2 mnt membaca"> Intellectual Competition: Kontribusi Mahasiswa terhadap Ekonomi Indonesia - Suaka Online
Advertorial

Intellectual Competition: Kontribusi Mahasiswa terhadap Ekonomi Indonesia2 mnt membaca

HMJ Manajemen menggelar perlombaan Menulis Essay nasional dan Ekonomi Presentation, via Zoom, Jum’at (11/12/2020). (Auliya Umayna/Suaka)

SUAKAONLINE.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Manajemen menggelar Intellectual Competition yang bertema “Kontribusi Generasi Milenial terhadap Perekonomian Indonesia di Era New Normal”, via Zoom, pada Jum’at (11/12/2020). Acara ini merupakan perlombaan penulisan essay nasional dan ekonomi presentation.

Ketua pelaksana Intellectual Competition, Waidah menyampaikan bahwa tujuan diadakannya perlombaan ini adalah sebagai salah satu rangkaian dari Dies Natalis jurusan Manajemen dan juga untuk pengevaluasian kegiatan mingguan bidang Pengembangan dan Penelitian Intelektual HMJ Manajemen.

“Kita ada kegiatan rutinan yaitu RMJ (Rumah Manajemen Juara), disitu kita menjadi wadah bagi mahasiswa-mahasiswa Manajemen untuk menggali potensi intelektualnya berupa kegiatan tiap mingguan, ada debat, presentasi, Karya Tulis Ilmiah dan bahasa. Nah dari kegiatan-kegiatan rutinan tersebut kita mengevaluasinya dengan mengadakan intelektual competition ini,” tuturnya saat diwawancarai melalui Whatsapp, Selasa (15/12/2020).

Ia juga menyampaikan bahwa diadakannya Intellectual Competition ini diperuntukkan kepada mahasiswa-mahasiswa Manajemen agar mencoba berkompetisi secara nasional dengan mahasiswa-mahasiswa di seluruh Indonesia. Tema yang diambil untuk acara ini diharapkan agar mahasiswa dapat berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia.

Pemenang Intellectual Competition, Ari Nugraha menjelaskan mengenai teknis perlombaan. Masing-masing kelas dipilih tiga orang sebagai perwakilan untuk mengikuti lomba. Masing-masing perwakilan kelas tersebut memilih judul sesuai tema yang diperlombakan. Ari Nugraha dan timnya mengangkat tema tentang “Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Bergerilya Ekonomi Berjaya”.

“Jadi untuk kelas kami, khususnya tim saya itu menitikberatkan terhadap pentingnya peran UMKM terhadap perekonomian Indonesia. Jadi jika UMKM itu bangkrut maka ekonomi Indonesia bisa jadi kolaps atau menurun,” ungkapnya saat dihubungi melalui WhatsApp. Ia mengaku dengan mengikuti lomba ini, tantangan yang dihadapi adalah kerja sama tim.

Ia juga membagikan tips and trik untuk menjadi pemenang dalam perlombaan tersebut. “Pertama pemilihan tim atau kualitas SDM untuk di timnya sendiri. Kadi kita perhatikan benar-benar orangnya orang yang bisa bikin makalah, orang yang bisa mengedit, dan yang bisa ngobrol. Jadi dalam satu tim itu diusahakan untuk komplit.” Ujarnya.

Terakhir, ia juga sangat terkesan dengan pengalaman barunya dalam mengikuti perlombaan via daring yang mengharuskan dirinya berbicara secara online di depan kamera. Ari juga berpesan agar antusias dari peserta bisa ditingkatkan kembali agar persaingan bisa lebih ketat dan bisa benar-benar menunjukkan SDM Manajemen.

Reporter: Auliya Umayna/Suaka

Reporter: Awla Rajul/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas