Data Center

Jumlah Wisudawan UIN Bandung (2014-2022)

Desain oleh Arie Rio Prayoga

SUAKAONLINE.COM, Suakadatacenter – Berdasarkan data yang kami kumpulkan dari situs suakaonline.com dan uinsgd.ac.id, dalam sembilan tahun terakhir, UIN SGD Bandung telah meluluskan 37.035 mahasiswa dari berbagai jenjang mulai dari S1 hingga S3. Kendati jumlahnya fluktuatif tiap tahun, namun rata-rata wisudawan setiap tahunnya dalam data terakhir kami mencapai 4 ribuan orang.

Tahun ini sendiri, menjadi tahun yang mana lulusan UIN SGD Bandung meluluskan banyak wisudawan dalam sembilan tahun terakhir, yakni mencapai 5.609 orang. Meningkatnya intensitas perkuliahan dan kegiatan akademik pasca tatap muka (luring) yang diberlakukan pada tahun ini, rupanya ikut mempengaruhi meningkatnya jumlah wisudawan.

Tahun ini, UIN SGD Bandung melakukan lima wisuda (ke 85-89) dengan berbagai kebijakan yang bertahap untuk mencapai luring secara keseluruhan dalam pelaksanaanya. Wisuda ke-85 diselenggarakan secara hybrid atau menggabungkan metode luring dan daring di Gedung Anwar Musaddad beriringan dengan media teleconference Zoom Meeting.

Selanjutnya untuk wisuda ke-86 merupakan momentum perdana kembali, UIN SGD Bandung menyelenggarakan wisuda secara luring keseluruhan kendati pelaksanaanya terbagi dua sesi yang berbeda hari. Kemudian, untuk wisuda-wisuda selanjutnya (wisuda ke 87-89) kegiatan wisuda pun menggunakan metode luring.

Sementara itu, dalam catatan sembilan tahun terakhir, wisuda ke-68 tahun 2017 merupakan salah satu wisuda dengan jumlah peserta paling banyak. Dalam satu sesi, UIN SGD Bandung melepas 2.806 mahasiswa. Wisuda yang saat itu pertama dilakukan di kampus dua tersebut menuai banyak kritikan. Melalui riset kepuasan yang dilakukan Peneliti Litbang Suaka kala itu, sebanyak 91 persen peserta wisuda kecewa, terutama karena pelayanan yang buruk dari pihak kampus.

Penyunting – Tim Riset, Data dan Informasi

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Ke Atas