Kampusiana

Jurusan Sosiologi Kampanyekan Gerakan Green Movement Melalui Acara Euphoria

Vokalis Rub of Rub sedang membawakan lagu milik bandnya di acara konser Euphoria di Aula Abjand Soelaiman UIN SGD Bandung, Selasa (4/7/2023).  (Foto: Yopi Muharam/Suaka).

SUAKAONLINE.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ)  Sosiologi UIN Bandung mengadakan puncak acara Euphoria Sociology yaitu konser musik di Aula Abjand Soelaiman, Kampus 1 UIN SGD Bandung, Selasa (4/7/2023). Acara ini mengusung tema yaitu “Synergizing Creativity and Diversity as a Door to Build Green Sparks with Sociology”.

Ketua pelaksana acara, Muhammad Dika Rahmawan mengatakan acara ini adalah suatu gerakan untuk ikut mengkampanyekan green movement melalui gerakan kecil, seperti membawa tumbler ke venue acara. “Ya maksudnya tema-nya itu mengusung green movement dalam artian gerakan-gerakan kecil. (Penonton yang -red) Datang ke acara venue dengan membawa tumblr dan gerakan lainnya yang dapat meminimalisir kerusakan lingkungan tetapi dalam skala kecil,” ujarnya, Selasa (4/7/2023).

Ia pun menuturkan bahwa selain kampanye untuk membawa tumbler, pihaknya pun telah menyediakan galon untuk isi ulang air, dan bazar UMKM demi meminimalisir kerusakan lingkungan. “Jadi kita tuh sebenernya kita juga kan menyediakan galon, dengan kita ada bazar UMKM pun itu meskipun bukan gerakan besar gitu yang kita lakukan tapi seenggaknya kita meminimalisir sedikti demi sedikit kerusakan lingkungan dengan mengurangi sampah,” lanjutnya.

Namun di sisi lain Dika pun mengaku kerap mengalami kendala dalam menjalankan acara ini. Ia menyebutkan bahwa pihak kampus secara tiba-tiba tidak mengizinkan panitia untuk menampilkan band di gedung Abdjan Soelaiman. Padahal pihaknya telah menyurati perizinan kepada pihak kampus sejak satu bulan yang lalu.

“Kendalanya adalah yang pertama mungkin ya mengenai kesulitan perizinan baik itu dari pihak kampus, kenapa dari pihak kampus? Karena kita tuh sudah dicanangkan satu bulan ke belakang gitu terkait perizinan tempat akan tetapi baru dapet kabar kemarin gitu bahwa tidak boleh ada band. Berarti itu kesalahan kampus gitu ya mengenai susunan acara kita ga dibaca dari sebulan yang lalu,” tegasnya.

Acara konser yang dilaksanakan sebagai perayaan milad Sosiologi ke-21 dimulai dari pukul 10.00 WIB dengan agenda open gate hingga pukul 17.00. Acara konser ini banyak diminati oleh khalayak umum. Sebab banyak pengunjung yang tidak hanya dari kalangan mahasiswa UIN SGD Bandung melainkan dari luar kampus juga.

Adapun tujuan dari diadakan acara konser ini selain sebagai puncak acara dan kampanye green movement, juga sebagai sarana bagi HMJ Sosiologi untuk menunjukkan eksistensi dari jurusan Sosiologi itu sendiri karena mampu untuk mengadakan acara konser yang dapat mengundang beberapa band lokal dari bandung seperti Snuff, The Amert, Wetcoxx, Bax Lax Boy, dan sebagai guest start utama adalah Band Rub of Rub.

Salah satu penonton, Yuli Gustiani mengatakan bahwa ia merasa terhibur dengan terselenggaranya acara, terutama setelah ujian akhir semester selesai. Selain itu, ia pun menuturkan bahwa dirinya mendapatkan kawan-kawan dan relasi baru. “Seru, dapet temen-temen dan nambah relasi gitu, have fun, jadi kemarin kan abis UAS nah sekarang hiburannya,” Yuli Gustiani saat diwawancara, Selasa (4/7/2023)

Ia juga berharap acara ini ke depannya bisa lebih lama dalam segi waktunya. Sebab menurutnya waktu performa band yang main terlalu mepet dan sebentar. “Harapannya bisa lebih besar dari ini gitu. Terus kan tadi waktunya kayak mepet-mepet gitu, dikit-dikit. Nanti mah kalau misalkan acara ini ada lagi semoga acaranya makin lama durasinya, ” paparnya.

Reporter: Dheny Puspitasari/Suaka

Redaktur: Muhammad Fajar Nurohman/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Ke Atas