Advertorial

LSIST UIN Bandung: Strategi Kreatif dalam Menulis Karya Tulis Ilmiah

Bidang Penelitian dan Pengembangan Lingkar Studi Ilmiah Sains dan Teknologi(LSIST) menggelar webinar karya tulis Ilmiah via zoom meeting, Minggu (27/3/2022) (Foto: Elni/Suaka)

SUAKAONLINE.COM – Bidang Penelitian dan Pengembangan Lingkar Studi Ilmiah Sains dan Teknologi (LSIST) menggelar webinar karya tulis Ilmiah via zoom meeting, Minggu (27/3/2022). Acara ini menghadirkan dua orang narasumber yang mumpuni dalam bidangnya yaitu Mada Sanjaya selaku pembina BSO LSIST dan Kania Audina yang merupakan agen perubahan Mawapres Saintek 2022.

Adapun tujuan dari acara kali ini yaitu mengasah kemampuan mahasiswa dalam penulisan karya tulis Ilmiah, memunculkan potensi serta bakat para mahasiswa mengenai karya tulis Ilmiah. Serta yang terpenting, bahwa acara ini sebagai rangkaian acara open recruitment bagi calon anggota LSIST, seperti yang disampaikan oleh ketua Umum LSIST, Meti Lisnawati.

“Sasaran utamanya tentu saja untuk calon anggota LSIST karena ini merupakan bentuk kaderisasi dari BSO LSIST. Output dari kegiatan Akris ini temen-temen calon anggota membuat karya tulis ilmiah dan nantinya insyaallah akan kami support untuk tahap perlombaan,” tuturnya saat diwawancarai via Whatsapp, Minggu (27/3/2022).

Materi yang disampaikan pemateri cukup berkesinambungan, Mada Sanjaya menjelaskan mengenai karya tulis ilmiah dalam lingkup kemahasiswaan seperti skripsi dan tugas lainnya. Sedangkan Kania Audina lebih mengerucut, ia lebih mengarah kepada pembahasan mengenai karya tulis ilmiah dalam perlombaan serta tips dan trik untuk sukses mengikuti lomba karya tulis ilmiah. 

Kania menjelaskan secara keseluruhan mengenai karya tulis ilmiah. Dimulai dari struktur, hambatan yang sering dialami,cara mencari ide serta mengembangkan ide, strategi ketika sudah mulai mengikuti perlombaan karya tulis ilmiah serta bagaimana caranya mengatasi writer’s block yang sering kali dialami oleh penulis. 

Webinar ini bersifat umum untuk seluruh mahasiswa yang ingin mengetahui bagaimana cara membuat karya tulis ilmiah dengan baik dan benar. Namun khusus bagi calon anggota LSIST, webinar ini menjadi agenda wajib yang harus diikuti sebagai salah satu syarat mengikuti akademi riset yang akan dilakukan setelahnya. 

Besar harapan panitia dengan diberikannya materi yang telah disampaikan mampu bermanfaat bagi seluruh peserta yang mengikuti acara ini, serta dapat diimplementasikan ke dalam sebuah karya yang dapat dilombakan. Panitia juga tentu berharap kepada calon anggota LSIST untuk tetap semangat mengikuti rangkaian acara selanjutnya. 

“Untuk calon anggota LSIST,  keep fighting perjalanan kalian untuk meraih gelar anggota LSIST tinggal beberapa langkah lagi, jika merasa capek dan membosankan istirahat sejenak dan jangan berputus asa. Mari kita tumbuh dan berkembang bersama,” pungkas Meti.

Reporter : Dheny Puspitasari dan Elni Pujayanti

Redaktur : Fitri Nur Hidayah

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Ke Atas