" > 1 mnt membaca"> Majalah Suaka Edisi Tahun 2019 - Suaka Online
Epaper

Majalah Suaka Edisi Tahun 20191 mnt membaca

Majalah Suaka Edisi Tahun 2019

Editorial

Benang Kusut Hadapi Bursa Kerja

 

Alumni jurusan Manajemen UIN SGD Bandung, yang saat ini bekerja di Bank Nasional Indonesia (BNI). Ia mengatakan kesulitan mencari pekerjaan sebelumnya. Lagi-lagi, hal yang menjadi masalah adalah mata kuliah yang dinilai usang.

Memang tidak semua usang, namun kata Zimam, masih perlu dievaluasi. Kurikulum mata kuliah setiap jurusan lebih banyak tidak menuntut mahasiswa mampu menguasai hal teknis yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.Pembelajaran yang diterima pun hampir seluruhnya hanya mengandalkan literatur. Sehingga pada akhirnya tidak ada skill spesifik yang sesuai dengan konsentrasi yang diambil.

Ia mengatakan, seharusnya kurikulum mata kuliah disertai dengan studi kasus, kunjungan dari dosen praktisi, hingga kunjungan ke perusahaan. Zimam dengan tegas mengatakan universitas harus membuat mahasiswanya memahami masalah di dunia bisnis.

Cerita diatas merupakan gambaran sulitnya mencari kerja para lulusan kampus hijau ini. Selain harus ditekankan kepada diri masing-masing untuk menggali potensi diri, mengembangkan soft skill dan hard skill untuk mendapatkan pekerjaan. Universitas sebagai lembaga pendidikan tinggi harusnya bisa memfasilitasi mahasiswanya dalam menggali dan mengembangkan potensi diri tersebut. [Redaksi]

Silakan tekan cover majalah edisi tahun 2019 dibawah ini untuk membaca secara keseluruhannya.

Baca juga:  Perkuat Solidaritas Antar Persma, FKPMB Gelar Pendidikan Jurnalistik 2020
Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas