3 mnt membaca"> Mei Berkabung di Acara Aksi Kamisan Bandung - Suaka Online
Hukum dan Kriminal

Mei Berkabung di Acara Aksi Kamisan Bandung3 mnt membaca

Sejumlah massa Aksi Kamisan Bandung memperingati ‘Mei Berkabung’ dalam aksi ke-381 di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung. Kamis (26/5/2022). (Foto : Mohamad Akmal Albari/Magang)

SUAKAONLINE.COM – Aksi Kamisan Bandung kembali mengadakan aksi yang ke-381 dengan mengusung tema Mei Berkabung di depan Gedung Sate, Kota Bandung Kamis, (26/5/2022). Aksi ini merupakan bentuk solidaritas terhadap korban-korban pelanggaran HAM dan juga sebagai bentuk peringatan terhadap pemerintah dalam menuntaskan berbagai pelanggaran HAM yang terjadi di masa lalu maupun masa kini.

Aksi kamisan ini kembali digelar setelah sempat terhenti selama kurang lebih satu bulan. Aksi yang dimulai sejak sore ini diisi dengan berbagai orasi dan puisi. Koordinator aksi, Fai mengungkapkan bahwa terdapat banyak peristiwa pelanggaran-pelanggaran HAM yang terjadi pada bulan Mei yang tidak kunjung mendapatkan penyelesaian baik itu di masa lalu maupun di masa sekarang. 

Ia juga mengatakan bahwa dalam banyak kasus pelanggaran HAM di Indonesia, seharusnya pemerintah bisa lebih bertanggung jawab dan bersikap serius untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi. “Pemerintah seharusnya bertanggung jawab untuk menetapkan pelanggaran-pelanggaran HAM, tapi nyatanya setelah 24 tahun reformasi mereka tidak ada arah gitu. Tidak ada gerakan untuk menuju ke arah sana dan terkesan stagnan bahkan mungkin mengalami kemunduran,”jelasnya saat diwawancara Kamis, (26/5/2022).

Fai menuturkan bahwa aksi kamisan kali ini bukan hanya sekedar menuntut pemerintah untuk menyelesaikan persoalan HAM semata. Namun aksi kali ini pun menjadi ajang kampanye untuk menyadarkan setiap orang yang dan masyarakat yang hadir untuk lebih peka dan memahami hak-hak dasar diri sendiri.

“Aksi kamisan hari ini ada sebagai ajang kampanye gitu ya, kepada masyarakat luas terutama yang hadir di kota Bandung yang turun di kamisan. bagaimana mereka lebih mengetahui lagi tentang hak-hak mereka sebagai warga negara terutama HAM mereka yang hari ini hak asasi manusia ini mencoba terus direnggut oleh negara,” ujarnya.

Selanjutnya, ia berharap semoga dengan aksi kamisan hari ini bisa lebih menyadarkan masyarakat untuk lebih peka terhadap pelanggaran-pelanggaran hak asasi manusia. “harapannya dengan menyebarkan informasi hari ini bisa meningkatkan kesadaran kita ataupun masyarakat yang lebih luas tentang pelanggaran pelanggaran hak asasi manusia, ataupun tentang apa sih HAM itunya, karnakan acara HAM itukan hak asasi manusia yaitu suatu hak dasar yang harus dipenuhi oleh negara dan tidak dapat diganggu gugat kayak gitu”, jelasnya.

Salah satu orator aksi, Natasya memberi tanggapan terkait jalannya aksi kamisan kali ini yang dinilai lebih berprogres dibandingkan aksi kamisan terdahulu. “Aku melihat banyak progres dari kamisan sendiri. Masanya mulai bertambah, awareness temen-temen juga bertambah dari kasus-kasus pelanggaran HAM. Ditambah mei berkabung juga baru pertama kali kita coba peringatin ya. Jadi ya aku tergugah lagilah untuk menyertai kawan-kawan,” ungkapnya.

Ia juga berpesan kepada kaum muda agar membawa isu HAM ini lebih membumi. “Pesannya ya selalu tentang bagaimana kaum muda atau temen-temen mahasiswa terutama untuk lebih membawa isu pelanggaran ham ini lebih membumi gitu. Karena kita tidak bisa mengandalkan media mainstream untuk tau sampai mana sih kasus pelanggaran itu ditindaklanjuti. Bisa juga kita mulai dari diskusi-diskusi membuat kajian singkat seperti itu,” tutupnya.

Reporter : Mohamad Akmal Albari & Yusuf Wahyudin/Magang

Redaktur : Fitri Nur Hidayah/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.