" > 2 mnt membaca"> MKS UIN Bandung Jurusan Paling Diminati di Jalur SPAN-PTKIN - Suaka Online
Kampusiana

MKS UIN Bandung Jurusan Paling Diminati di Jalur SPAN-PTKIN2 mnt membaca

Ilustrasi: Syifa Nurul Aulia/Suaka

SUAKAONLINE.COM – UIN SGD Bandung menerima 1256 peserta dari jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) yang diumumkan pada Jum’at (10/4/2020). Awalnya peminat jalur SPAN-PTKIN yang mendaftar di UIN SGD Bandung di tahun 2020 berjumlah 44.102 peserta. Sebanyak 1256 peserta yang lolos tersebut dari 29 prodi yang diikut sertakan dalam SPAN-PTKIN.

Kepala Sekretariat SPAN-PTKIN, Erihadiana mengatakan bahwa sistem pendaftaran ulang SPAN-PTKIN diserahkan sepenuhnya kepada perguruan tinggi masing-masing dan panitia hanya sampai kelulusan saja. Untuk informasi terkait SPAN-PTKIN bisa dilihat melalui web PMB UIN SGD Bandung dengan mengakses melalui laman https://pmb.uinsgd.ac.id/.

Jurusan Manajemen Keuangan Syariah (MKS) menjadi jurusan yang paling diminati dengan menduduki peringkat pertama ke dalam 10 besar dalam peminat prodi UIN se-Indonesia. Total jumlah pendaftar di jurusan ini sebanyak 3498 peserta dengan kuota yang diterima sebesar 67 peserta.

Adapun jurusan baru Manajamen Haji dan Umroh yang berada di Fakultas Dakwah dan Komunikasi ini belum diikut sertakan dalam SPAN-PTKIN. “Kalau jurusan Manajamen Haji dan Umroh belum, belum masuk SPAN-PTKIN paling tahun depan. Tahun ini baru masuk ke jalur mandiri,” Ujar Erihadiana saat diwawancara melalui Whatsapp.

Terdapat 29 Jurusan yang diikut sertakan dalam SPAN-PTKIN; 24 jurusan agama dan lima jurusan umum. Pendidikan Biologi menerima mahasiswa sebanyak 36 siswa, Pendidikan Fisika 36 siswa, Pendidikan Kimia 24 siswa, Pendidikan Matematika 48 siswa, Pendidikan Bahasa Arab 48 siswa, Pendidikan Bahasa Inggris 36 Siswa, Bahasa dan Sastra Arab 67 siswa, Sejarah Peradaban Islam 67 siswa, Pengembangan Masyarakat Islam 40 siswa, Komunikasi dan Penyiaran Islam 54 siswa, Manajemen Dakwah 40 siswa, Hukum Tatanegara (Siyasah) 40 siswa, Perbandingan Madzhab dan Hukum 40 siswa.

Baca juga:  Hari Raya Galungan, Maknai Kebaikan Melawan Keburukan

Hukum Keluarga (Ahwal al-Syakhsiyah) 54 siswa, Aqidah dan Filsafat Islam 27 siswa, Studi Agama-Agama 27 siswa, Ilmu Al-Qur’an 27 Siswa, Tasawuf Psikoterapi 54 siswa, Manajemen Pendidikan Islam 48 siswa, Pendidikan Agama Islam 60 siswa, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 36 siswa, Hukum Pidana Islam 40 siswa, Hukum Ekonomi Syari’ah (Muamalah) 54 siswa, Pendidikam Islam Anak Usia Dini 24 siswa, Bimbingan dan Konseling Islam 54 siswa, Ilmu Hadits 27 siswa, Manajemen Keuangan Syariah 67 siswa, Ekonomi Syariah 27 siswa, dan Akutansi Syariah 27 siswa.

Seorang calon mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, pesrta lulus SPAN-PTKIN, Nur Amaliah Annafiah Sikumbang mengatakan bahwa dirinya tidak memiliki kendala pada saat pendaftaran dan juga informasi karena hal tersebut sudah didaftarkan dan diuruskan  dari pihak sekolah dan peserta hanya memilih jurusan dan universitas saja. Ia hanya memiliki kendala saat ingin memeriksa kelulusan, karena kata sandinya selalu salah ketika ingin log-in ke web tersebut.

“Pas tau lolos, itu tuh Alhamdulillah seneng banget ya, soalnya itu tuh pas banget yang pengen aku mau gitu.  Kenapa aku milih PGMI, karena aku suka anak kecil dan juga aku tau cara mengajar anak kecil dan SD kaya gitu. Terus aku bisa tau bagaimama sih metode jadi guru yang baik.” Ungkapnya saat dihubungi via daring, Sabtu (11/4/2020).

Reporter: Syifa Nurul Aulia/Suaka

Redaktur: Awla Rajul/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas