2 mnt membaca"> Pemda Kabupaten Karawang Luncurkan Beasiswa Karawang Cerdas - Suaka Online
Lintas Kampus

Pemda Kabupaten Karawang Luncurkan Beasiswa Karawang Cerdas2 mnt membaca

SUAKAONLINE.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang kembali membuka program bantuan Beasiswa Karawang Cerdas bagi warga Karawang. Program beasiswa ini bertujuan untuk memberikan fasilitas berupa bantuan dan kemudahan peserta didik jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap guna memperoleh penghidupan lebih sejahtera, mandiri, dan berakhlak mulia.

Bupati Kabupaten Karawang Cellica Nurrachadiana turut membagikan informasi Beasiswa Karawang Cerdas ini melalui akun Instagramnya. Melalui unggahannya, Cellica memberikan motivasi untuk selalu berusaha menggapai cita-cita. “Terus berikhtiar agar mimpi dan cita-cita yang berawal dari sebuah bayangan bisa menjadi harapan. Dengan keyakinan sebagai kunci, mimpi dan cita-cita akan tercapai dan terwujud,” ungkapnya yang dilansir dari akun Instagram @cellicanurrachadiana, Selasa (21/9/2021).

Khusus mahasiswa di tingkat perguruan tinggi, pendaftaran akan dilaksanakan secara daring melalui website http://www.beasiswacerdas.karawangkab.go.id, mulai dari 12 Oktober 2021 hingga 25 Oktober 2021. Setelah pendaftaran, tahap evaluasi akan dilaksanakan pada 28 Oktober hingga 30 Oktober. Pengumuman dapat dilihat melalui website Karawang Cerdas pada 1 Noveber 2021 mendatang.

Bagi peserta yang dinyatakan lulus sebagai penerima beasiswa, selanjutnya akan mengikuti proses pemberkasan kelengkapan pencairan administrasi penerima beasiswa dimulai dari 3 November hingga 16 November 2021.

Kategori dan komposisi jalur pendaftaran di tingkat perguruan tinggi terdiri dari beberapa kategori, di antaranya adalah: Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM) sebesar 50%; Jalur Tahfiz Qur’an sebesar 10%; Jalur ASN/TNI/Polri sebesar 5%; Jalur Anak Berkebutuhan Khusus sebesar 10%; Jalur Prestasi Akademis sebesar 8%; Jalur Prestasi Non Akademis sebesar 15%; dan Jalur Perguruan tinggi di Luar Negeri sebesar 2%.

Adapun syarat utama bagi pendaftar kelahiran Karawang yaitu melampirkan Kartu Keluarga yang telah dilegalisasi oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karawang. Sedangkan bagi Warga Karawang yang lahir di luar Kabupaten Karawang, syaratnya harus bersekolah di Kabupaten Karawang dimulai dari jenjang SD, SMP, hingga SMA yang dibuktikan dengan ijazah.

Mahasiswi Universitas Singaperbangsa Karawang, salah satu penerima Beasiswa Karawang Cerdas tahun 2020, Yesi Asira mengungkapkan bahwa beasiswa ini sangat membantu dalam menunjang pendidikannya. “Dana dari beasiswa ini manfaatnya bisa digunakan untuk bayar ukt, beli laptop, beli printer, beli perlengkapan kuliah seperti buku, pulpen, dan lainnya,” ujarnya.

Mahasiswi Universitas Singaperbangsa Karawang Ayu Az-Zahra sangat antusias dengan kembali dibukanya program Beasiswa Karawang Cerdas ini. Ayu mengaku telah menunggu untuk mendaftar beasiswa ini. Selain berharap lolos dan terpilih sebagai penerima beasiswa, Ayu juga berharap beasiswa Karawang Cerdas ini dapat mendorong semangatnya dalam belajar.

Reporter : Zaidiyah Ummaya/Suaka Dedikasi

Redaktur : Fuad Mutashim

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas