" > 3 mnt membaca"> Pengumuman SNMPTN 2021, UIN Bandung Terima 705 Mahasiswa Baru - Suaka Online
Kampusiana

Pengumuman SNMPTN 2021, UIN Bandung Terima 705 Mahasiswa Baru3 mnt membaca

Dok.Suaka

SUAKAONLINE.COM – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNMPTN) 2021 pada Senin, (22/3/2021) sore. Melalui laman resminya, disebutkan sebanyak 110.459 siswa dinyatakan lolos seleksi. Jumlah tersebut meliputi seleksi di total 126 perguruan tingi.

Dari total 10. 307 pendaftar yang memilih, UIN SGD Bandung menerima sebanyak 705 siswa. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang menerima 692 siswa untuk jalur SNMPTN. Persentase kuota jalur SNMPTN tersebut disesuaikan dengan kebijakan nasional, yakni sebanyak 30 persen. Karena meningkatnya peserta yang mengikuti seleksi maka penerimaannya pun meningkat.

Untuk jumlah siswa yang diterima dari masing-masing fakultas ialah 228 siswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 188 siswa dari Fakultas Sains dan Teknologi, 94 siswa dari Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 81 siswa dari Fakultas Adab dan Humaniora, 60 siswa dari Fakultas Psikologi dan 54 siswa dari Fakultas Syariah dan Hukum.

Adapun program studi yang diikutsertakan dalam SNMPTN 2021 sebanyak 16 program studi. Dengan masing-masing siswa yang diterima; Administrasi Publik 67 siswa, Ilmu Politik 27 siswa, Manajemen 67 siswa, Sosiologi 67 siswa, Ilmu Komunikasi Konst. Humas 40 siswa, Ilmu Komunikasi Konst. Jurnalistik 54 siswa, Sastra inggris 81 siswa, Psikologi 60 siswa,  Ilmu Hukum 54, Agroteknologi 27 siswa, Biologi 27 siswa, Fisika 13 siswa, Kimia 27 siswa, Matematika 27 siswa, Teknik Elektro 27 siswa dan Teknik Informatika 40 siswa.

Staf bagian Humas UIN SGD Bandung, Muhammad Helmi Kahfi menyebutkan ada dua tahap yang harus dilakukan setelah dinyatakan lolos yakni registrasi dan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT). “Ada dua tahapan dalam kelulusan SNMPTN di UIN SGD Bandung, tahap pertama yaitu registrasi atau pengisian biodata, yang mana registrasi ini dijadikan dasar penentuan UKT. Untuk tahapan yang kedua adalah penentuan dan pembayaran UKT,” paparnya, Rabu, (24/3/2021).

Baca juga:  HMJ BSA Gelar Gradasi 2021 Secara Online

Selain itu, Helmi menjelaskan jika tidak melakukan registrasi akan dijatuhkan UKT kategori 7. Dan apabila tidak membayar yang UKT 7, maka akan gugur secara personal. Dengan sanksi tidak boleh mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN). Begitu pun dengan pihak sekolah terkait akan dikenakan sanksi dari panitia penyelenggara.

Selanjutnya, bagi mahasiswa yang lolos jalur SNMPTN diharuskan melakukan pengisian biodata melalui website http://pmb-daftar.uinsgd.ac.id  mulai tanggal 23 Maret 2021 Pukul 14.00 WIB sampai dengan tanggal 26 Maret 2021 Pukul 23.59 WIB. Dilanjut dengan penetapan UKT pada tanggal 30 Maret 2021 dan pembayaran UKT pada tanggal 31 Maret 2021-6 April 2021 melalui Bank Jabar Banten Syariah (BJBS). Dan jika ada perubahan timeline akan diinfokan di website resmi PMB UIN SGD Bandung.

Salah satu calon mahasiswa baru jurusan Ilmu Komunikasi Kons. Humas, Imam Baihaqi mengucap rasa syukur bisa diterima di UIN SGD Bandung. Menurutnya, UIN SGD Bandung merupakan salah satu pilihan universitas favorit di Indonesia. Untuk masalah registrasi Imam tak menemukan kendala sama sekali.

“Alhamdulilah, berkat kekuatan jalur langit. Seneng diterima di UIN SGD Bandung, meski awalnya sempat minder dan takut mengecewakan orang-orang yang udah support saya. Dan cukup bangga juga keterima di salah satu kampus favorit yang pergaulannya aman dan letaknya tidak begitu jauh,” tuturnya.  

Reporter         : Salsabyla Farihati/Suaka

Redaktur        : Fuad Mutashim/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas