" > 2 mnt membaca"> PMI UIN Bandung Gelar Eksplore NRI III - Suaka Online
Kampusiana

PMI UIN Bandung Gelar Eksplore NRI III2 mnt membaca

SUAKAONLINE.COM, — Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) unit UIN SGD Bandung menggelar Eksplore Nomer Registrasi Induk (NRI) III angkatan lima Kamis (26/5/2015) di Oray Tapa gunung Manglayang Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Kegiatan ini menjadi tahapan terakhir untuk menjadi anggota KSR PMI UIN Bandung.

NRI III tahun ini mengusung tema Membangun Korps Sukarela yang Berkarakter dan Bertanggungjawab. Dengan tema ini ketua pelaksana Bintang Bhagaskara ingin memjadikan angkatan muda (Amud) memiliki karakter sesuai dengan tujuh prinsip dasar Palang Merah diantaranya, kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kesemestaan.

“Seperti tadi perjalanan dari UIN ke sini dengan jalan kaki dan tanpa pendamping. Itu tujuannya untuk melatih kemandirian. Dengan begitu semoga karakter mereka bisa terbentuk,” ujar Bintang.

Kepala Bagian Kemahasiswaan Asep Saepudin Malik mengatakan, kehadiran KSR PMI Unit UIN Bandung ini sangat tepat dan patut diapresiasi, ia pun berharap dalam rekrutmennya perlu diperbaiki agar pesertanya lebih banyak. “Sebentar lagi PMB, harus dimanfaatkan untuk rekrutmen,” ujar Asep.

Memang tak banyak pesertanya, sebab menurut Bintang lantaran banyak mahasiswa yang menganggap untuk menjadi anggota KSR berat dan pada kegiatanhingga akan mengganggu kuliah.

Bintang juga mengapresiasi para anggota muda yang bertahan sampai ditahap terakhir ini. “Sebab untuk menuju tahap ini membutuhkan proses yang tidak sebentar,” kata Bintang.

Ada beberapa tahapan untuk menjadi anggota KRS. Pertama pradiklat kemudian Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) lalu dilantik menjadi Anggota Muda (Amud) setelah itu mengikuti pendidikan lanjutan sebagai pendalaman materi dari pendidikan dasar dan terakhir mengnikuti Eksplore NRI.

Salah satu Amud Vina Herawati merasa senang dan tertantang mengikuti kegiatan ini. “Kita jadi tau bagaimana sulitnya mendapatkan nomer, sehingga bisa memacu kemampuan dan menjaga nama baik organisasi,” tutur mahasiswa jurusan Biologi itu.

Vina juga berharap KSR PMI UIN Bandung menjadi Unit Kegiatan Khusus (UKK) kampus yang sah agar hingga dapat memperlancar keberlangsungan kegiatan dan organisasi.

Reporter: Dadan M. Ridwan

Redaktur: Ridwan Alawi

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas