Kampusiana

Resmi dibuka, PBAK 2022 diikuti 7.434 Mahasiswa Baru

10 perwakilan mahasiswa baru membacakan ikrar mahasiswa yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru UIN SGD Bandung di Gedung Anwar Musaddad, UIN SGD Bandung, Senin (29/8/2022). (Foto : Ucha Mutiara A/Suaka)

SUAKAONLINE.COM – Sebanyak 7.434 mahasiswa baru UIN SGD Bandung mengikuti pembukaan  Pengenalan Budaya dan Akademik (PBAK) 2022 yang dibuka secara resmi oleh ketua Senat Nanat Fatah Nasir di Gedung Aula Anwar Musaddad, UIN SGD Bandung, Senin (29/8/2022). Dengan mengusung tema ‘Mahasiswa Unggul, Indonesia Maju’ kegiatan ini menjadi kegiatan awal perkuliahan bagi mahasiswa baru UIN SGD Bandung.

Kegiatan pembukaan  PBAK yang dimulai sejak pukul 07.00 ini dihadiri oleh para Anggota Senat, Rektor dan jajarannya, serta Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan para mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023. Agenda akademik ini merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru UIN SGD Bandung tahun ajaran 2022/2023.

Setelah dibuka secara resmi, Ketua Panitia PBAK 2022, Ahmad Fathonih, melalui sambutannya  mengungkapkan lebih jauh terkait peserta PBAK kali ini. “Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan merupakan agenda akademik yang wajib diikuti seluruh mahasiswa baru. PBAK 2022/2023 ini diikuti oleh 7.434 mahasiswa program strata 1 dari 47 program studi atau 9 fakultas,” ucapnya, Senin (29/8/2022).

Selanjutnya, ia menyatakan, bahwa tema yang diusung dalam kegiatan PBAK kali ini, berdasarkan pemikiran bahwa mahasiswa unggul yang bisa memiliki peran dan kontribusi terhadap pembangunan bangsa. Adapun tujuan dari kegiatan PBAK ini ialah untuk memberikan nilai-nilai kebangsaan yang menjadi pedoman bagi mahasiswa. Selain itu, moderasi beragama dan pemahaman kebudayaan pendidikan kemahasiswaan juga penting menjadi komitmen bersama civitas akademika UIN SGD Bandung. 

Sementara itu, Rektor UIN SGD Bandung,  Mahmud dalam sambutannya menyampaikan keinginannya agar UIN SGD Bandung tetap menjadi kampus PTKIN nomor satu. “Untuk tingkat nasional, saat ini kita sudah masuk kategori yang bagus karena untuk dalam ukuran PTKIN saat ini kita menempati di nomor pertama. Mudah-mudahan kita bisa mempertahankan di tahun-tahun berikutnya,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan harapannya untuk para mahasiswa baru untuk menambahkan tenaga dan juga menambah energi untuk institusi. “Semoga kehadiran saudara-saudara di Kampus UIN SGD Bandung ini menambah tenaga dan energi untuk institusi UIN SGD Bandung dan sekaligus UIN SGD Bandung menjadi wasilah untuk mengantarkan saudara-saudara sukses hidup di dunia maupun diakhirat nanti,” harapnya.

Selain Rektor UIN SGD Bandung, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga turut menyampaikan orasi ilmiahnya. Kepada para mahasiswa baru, Ia menguraikan beberapa materi mengenai ciri negara maju, program Jawa Barat, program kepemudaan, dan masa depan yang cerah. Besar harapan Ridwan Kamil kepada mahasiswa baru untuk  menjadi generasi yang hebat. “Jadi, Anda-anda adalah anak muda optimis, sudah saya optimiskan ya tadi terang benderang masa depan kalian. Jangan salah rute, salah pergaulan. InsyaAllah, Anda pemenang dari generasi hebat,” jelasnya. 

Ia juga mengajak mahasiswa baru UIN SGD Bandung untuk menjadi pemuda yang memiliki sifat  optimis. “Indonesia akan menjadi negara emas, negara adidaya itu, kamu kamu generasi yang akan menjadi pemimpin di era itu. Jadi, optimis ya. 1945 kita proklamasi negara merdeka 2045 kita proklamasi negara adidaya,” tutupnya.

Reporter : Aurora Rafi N/Suaka & Ucha Mutiara A/Suaka

Redaktur : Fitri Nur Hidayah/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Ke Atas