2 mnt membaca">Sempat Tidak Kondusif, 25 UKM Meriahkan Inagurasi PBAK 2022 - Suaka Online
Kampusiana

Sempat Tidak Kondusif, 25 UKM Meriahkan Inagurasi PBAK 20222 mnt membaca

Gerakan Pramuka UIN Bandung menampilkan inagurasinya pada Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2022 di Aula Anwar Musaddad, Selasa (30/8/2022). (Foto: Anisa Hanifah/Suaka)

SUAKAONLINE.COM – Sebanyak 25 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Unit Kegiatan Khusus (UKK) memeriahkan inagurasi Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2022 di Aula Anwar Musaddad, Kampus 1 UIN SGD Bandung, Selasa (30/8/2022). Dari presentasi hingga pentas teatrikal, mahasiswa baru disuguhkan edukasi sekaligus hiburan. 

Menurut Panitia Acara Inagurasi PBAK 2022, Azzam menjelaskan bahwa urutan penampilan UKM pada inagurasi kali ini dilakukan melalui pengundian. Setiap UKM menampilkan inagurasinya masing-masing dengan menampilkan drama, presentasi, kreasi seni dan masih banyak yang lainnya.

Selain itu, ia menjelaskan tujuan diadakannya acara Inagurasi ini ialah untuk mengenalkan mahasiswa baru kepada salah satu unsur budaya mahasiswa, yakni UKM dan UKK. “Karena ini bentuk komitmen kampus tentunya dalam rangka meningkatkan atau menjaga minat dan bakat mahasiswa,” jelasnya, Selasa (30/8/2022).

Pada acara Inagurasi tahun ini, Azzam juga mengungkapkan terdapat kendala yang dihadapi oleh panitia atau bahkan hampir seluruh UKM. Dengan persiapan yang mendadak, panitia berusaha memaksimalkan acara Inagurasi dengan sebaik mungkin meski dengan persiapan waktu yang terbilang singkat.

Di lain sisi, Anggota Gerakan Pramuka UIN SGD Bandung, Yasin mengiyakan bahwa ia dan rekan UKM Pramuka pun kewalahan untuk mempersiapkan penampilan mereka pada acara Inagurasi tersebut. “Sebetulnya ini juga hal yang baru bagi kami setelah 2 tahun enggak Inagurasi. Kita cuma persiapannya sekitar beberapa hari aja,” tuturnya.

Meskipun begitu, ia yakin bahwa Pramuka UIN SGD Bandung merupakan UKM yang mampu berkembang dalam segala bidang. “Kami punya distingsi yang menjadikan Pramuka UIN Bandung sebagai Pramuka percontohan di Indonesia. Pramuka bukan hanya kegiatan di lapangan, tapi lebih dari itu kita bisa berkembang melalui peran UKM,” tambahnya.

Baca juga:   'Tina Kosasih dan Joi Rumengan', Cerita Pendek Dilanjut Dengan Pertunjukan

Menanggapi pementasan tiap-tiap UKM, Mahasiswa Baru Ilmu Komunikasi Jurnalistik, Maria Ulfa menyambut baik inagurasi PBAK. Menurutnya dengan adanya Inagurasi ini menjadi penting sebab mahasiswa menjadi lebih mengetahui apa saja UKM yang ada di UIN SGD Bandung. “Keren sih, cuma mungkin kekurangannya hanya perkenalan gitu, ada yang menampilkan sesuatu, tapi ada yang cuma memperkenalkan doang,” ulasnya tentang UKM saat penampilan inagurasi.

Selain itu, Azzam juga menyayangkan terkait tidak kondusifnya mahasiswa baru (maba) saat acara tengah berlangsung. Tidak ingin menyalahkan pihak manapun, namun ia mengatakan setiap unsur yang terlibat baik itu panitia, Dekanat, UKM dan Ormawa memerlukan evaluasi yang cukup signifikan untuk sama-sama memperbaiki kinerja dan kerjasama dalam menyelenggarakan suatu acara.

“Karena ini random yang tampil tidak dikelompokkan mana yang akan menampilkan seni dulu atau seperti apa agar menjaga antusiasme dari mahasiswa yaitu berpotensi juga jadi udah mulai jenuh juga. Pun dengan yang lain juga kekurangannya seperti itu mungkin, hal-hal seperti instruksional kepada ormawa yang ada di bawah naungannya mungkin kurang ditegaskan,” tutupnya.

Reporter : Anisa Hanifah/Suaka

Redaktur : Fitri Nur Hidayah/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2016 Suaka Online │ LPM SUAKA UIN SGD Bandung

Ke Atas