" > 1 mnt membaca"> Setelah Lama Dinanti, Akhirnya Penjurusan Ilmu Hukum Akan Berubah Sistem - Suaka Online
Terkini

Setelah Lama Dinanti, Akhirnya Penjurusan Ilmu Hukum Akan Berubah Sistem1 mnt membaca

 

[suakaonline]-‘Viva ilmu hukum!’ yang artinya ‘hidup ilmu hukum!’ dilontarkan oleh Ketua Jurusan Ilmu Hukum Dewi Sulastri terkait akan diadakannya program baru mengenai penjurusan Ilmu Hukum. Penjurusan Ilmu Hukum yang tadinya selalu dilakukan semester 7 kini dapat dilakukan di semester 5.

 

Demi terealisasinya program ini, pihak jurusan sudah mulai mengadakan rapat dengan dosen-dosen yang bersangkutan, dan yang paling penting adalah sedang ditunggunya surat keputusan (SK) dari pihak Rektorat.


Ini merupakan program yang membuat mahasiswa tercengang. Betapa tidak, program kekhususan ini merupakan saat yang paling ditunggu oleh mahasiswa ilmu hukum. Pihak jurusan telah mengadakan studi banding dengan fakultas-fakultas hukum yang lain masalah kurikulum. Sejalan dengan program ini, Mata Kuliah pun mengalami perubahan disesuaikan dengan perkembangan di masyarakat.


Diadakannya mata kuliah pilihan di semester 3 dan 5 akan disajikan oleh fakultas, selanjutnya mahasiswa boleh memilih.  Tidak akan ada istilah ‘ngambil keatas, melainkan akan diberikan pilihan mata kuliah kekhususan oleh pihak fakultas. SKS (sistem kredit semester)  pun bertambah menjadi lebih banyak, dari sebelumnya di semester ganjil saja menjadi semester ganjil dan genap.


“Jadi, penjurusan ada di semester 5, kemudian mata kuliah kekhususan menjadi banyak, ucap Dewi saat diwawancarai di Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Selasa (18/12).


Untuk rinciannya MK kekhususan seperti Hukum Perdata, Hukum Pidana, dan Hukum Tata Negara yang sebelumnya 6 SKS bertambah menjadi 10 SKS. Untuk bisa memilih program ini tentu syaratnya adalah Indeks Prestasi (IP) harus minimal 3.00 untuk bisa mengambil 24 SKS.


“Mahasiswa yang memilih syarat IPnya harus 3 biar bisa ngambil 24 SKS, jadi yang IP nya kecil enggak bisa ngambil pilihan”, ujarnya.


 

 

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas