Lintas Kampus

Subang Creative Week: Mengukir Jejak Seni Generasi Muda

Para pengunjung mendatangi stand bazar UMKM dalam Subang Creative Week 2023 di Gedung Creative Centre, Jl. D. Kartawigenda, Kec. Cigadung, Kabupaten Subang, Jawa Barat, pada Jumat (11/8/2023). (Ninda Nur Aidah/Magang).

SUAKAONLINE.COM – Subang Creative Week (SCW) 2023 yang diadakan oleh Committee Ekraf Subang dan Subang Creative Hub ini resmi dibuka di gedung Subang Creative Centre,  pada Kamis (10/8/2023). Acara ini membangun kreativitas dan inovasi dari kaum muda dalam dunia seni, dengan harapan bahwa SCW akan meninggalkan dampak positif budaya seni di Kabupaten Subang.

Kegiatan yang digelar selama empat hari, mulai tanggal 10-13 Agustus 2023 ini memiliki tema ‘Collaboration Culture And Modern Art’ dengan tujuan utamanya menjadikan wadah kreativitas bagi warga Subang dan dikhususkan untuk generasi muda Subang yang ingin turut berkontribusi dalam pembangunan dan kemajuan Kabupaten Subang dalam bidang industri kreatif dan industri makanan lokal Subang.

Berbagai workshop yang diadakan selama acara ini berfokus pada pengembangan keterampilan dan pemahaman dalam berbagai bidang, termasuk Mainin Kain, Apertura Photography, Analog to Digital, Teater Tubuh, Public Speaking. Melalui kegiatan ini, Asisten daerah III Sekretaris Daerah (Sekda) Subang, Dadang Kurnianudin memiliki harapan besar dengan digelarnya acara ini.

“Ya saya mah yakin, Subang Creative Week 2023 ini akan menjadi wadah dan momentum titik balik bagi generasi muda kreatif serta bisa berperan dalam sektor pembangunan lewat karya nyata anak muda ini,” jelasnya dengan wajah bangga, Kamis (10/8/2023).

Tidak hanya workshop, dalam acara ini justru memiliki berbagai kegiatan seperti pameran seni, seni pertunjukan budaya dan modern, perlombaan kreativitas, festival, dan kegiatan yang berhubungan dengan ekonomi kreatif seperti konser band lokal Subang, dan diskusi musik. Disamping itu, acara ini juga menghadirkan bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) guna mendukung bangga produk lokal Subang.

Pengunjung asal Subang, Azka, mengaku tak menyangka di Kabupaten Subang bisa diadakan acara seperti ini. “Diluar ekspektasi ya dan gak nyangka aja sih di Subang bisa ada acara kaya gini. Terus juga kan saya tau ini dari Instagram, pas dateng kesini oh ternyata seperti ini gitu dan gak nyangka aja gitu maksudnya sekelas Subang udah bisa ngadain acara kaya gini. Keren sih,” tuturnya, Jum’at (11/8/2023).

Di sisi lain,  salah satu pedagang bazar UMKM SCW 2023, Vina mengaku omset yang didapatkan selama bazar tidak menentu karena waktu diadakan bazar terlalu lama. “Engga nentu ya, soalnya kalo bazar gini mah harus-nya tidak begitu lama jualannya, paling maksimal dua hari, kalo empat hari kayaknya terlalu lama dan pastinya naik turun,” ucap Vina.

Selain penghasilan yang tidak menentu selama bazar, Vina berharap acara kedepannya bisa lebih meriah dan di jangkau lebih luas oleh warga Subang. “Harapannya sih, harus lebih maju lagi, gedungnya juga harus diperbaiki lagi biar lebih enak mungkin, dan penyebarannya yah, biar banyak orang yang tau kalo ada Subang Creative Week di sini, biar bisa lebih meriah dan juga banyak peminatnya kan,” jelasnya.

Reporter: Ninda Nur Aidah/Magang

Redaktur: Mohamad Akmal Albari/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Ke Atas