" > 2 mnt membaca"> Vertical Rescue Indonesia Distribusikan Cairan Disinfektan Gratis - Suaka Online
Lingkungan dan Kesehatan

Vertical Rescue Indonesia Distribusikan Cairan Disinfektan Gratis2 mnt membaca

Sejumlah warga sedang mengantri cairan disinfektan yang dibagikan gratis oleh
Vertical Rescue Indonesia (VRI) di Markas Komando Jl. Pahlawan, Kota Bandung, Selasa (7/4/2020). (Refkyan Mauldan/Magang)

SUAKAONLINE.COM – Vertical Rescue Indonesia (VRI) melakukan pendistribusian cairan disinfektan gratis sebanyak 10.000 liter kepada warga yang membutuhkan, di Markas Komando Vertical Rescue Indonesia, Jalan Pahlawan, Kota Bandung, Selasa (7/4/2020). Pembagian ini bertujuan membantu masyarakat agar melakukan sterilisasi mandiri guna pemutusan penyebaran COVID-19.

Ketua VRI, Teddy Ixdiana menyampaikan pembagian cairan disinfektan gratis ini sebagai bentuk kontribusi VRI dalam penanggulangan COVID-19. “Ini adalah program dari Vertical Rescue Indonesia dengan satuan tugas COVID-19, dimana kita membantu masyarakat yang kesulitan dengan larutan disinfektan. Saat ini kan bahan-bahan untuk disinfektan ini terkendala di pasaran cukup sulit dan harganya lebih mahal dari sebelumnya,” papar Teddy yang juga merupakan Ketua Indonesia Climbing Expedition.

Cairan disinfektan tersebut diracik sendiri dan langsung dimasukan ke dalam tong. Teddy mengaku distribusinya masih dalam kapasitas terbatas dengan kemampuan 10.000 liter perhari dan pengambilan maksimal 15 liter perorang. Tapi misalnya ada warga yang membutuhkan dalam jumlah besar untuk kebutuhan setingkat RW atau kelurahan, Teddy dengan senang hati akan menyiapkannya.

“Kalau yang membutuhkan dalam jumlah besar, ada yang membawa wadah besar lebih dari 15 liter, ada yang 50, ada yang 100 liter bahkan lebih untuk setingkat rw atau setingkat kelurahan bisa membawa surat langsung nanti kita siapkan larutan disinfektannya,” paparnya. Bersamaan dengan pendistribusian disinfektan gratis, Teddy juga mengatakan VRI telah melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum, sekolah dan tempat ibadah.

Menurut Teddy, Kegiatan yang dimulai sejak 25 Maret ini, akan terus dilakukan sembari menunggu arahan pemerintah soal kapan berakhirnya masa tanggap darurat corona. Kegiatan tersebut dimulai pukul 09.00 pagi, warga cukup dengan membawa jerigen, galon air mineral hingga sekedar plastik saja ke tempat yang beralamat di Jalan Pahlawan No. 70 itu. Petugas VRI dengan tegas mengatur antrian agar warga menjaga jarak demi memenuhi anjuran physical distancing.

Teddy dalam pernyataan terakhirnya merasa sangat bersyukur dengan banyaknya warga yang datang dan terbantu dengan kegiatan pendistribusian cairan disinfektan gratis oleh VRI ini. “Kami berharap semoga masyarakat  yang membutuhkan disinfektan bisa mendapatkan dengan mudah dan bisa melakukan penyemprotan secara mandiri, ya paling tidak masyarakat bisa sedikit tenang dengan keadaan saat ini,” tutupnya.

Baca juga:  Hari Raya Galungan, Maknai Kebaikan Melawan Keburukan

Salah seorang warga, Krisna Damarjati mengatakan sangat terbantu dengan adanya kegiatan pembagian disinfektan gratis ini. Krisna juga mengatakan kegiatan sepeti ini harus lebih digalakkan lagi, terlebih oleh pemerintah agar semakin banyak warga yang terbantu dan masyarakat tetap terjaga kesehatannya.

“Sangat terbantu untuk semuanya, tapi sayangnya pada belum tau, mungkin yang lain bisa share di medsosnya. Kegiatan ini harus diperbanyak, intinya dari pemerintah sendiri pun. Pemberitahuan ke masyarakat luasnya itu harus tau, kadang orang gatau juga,” ujar Krisna usai mengisi penuh jerigennnya dengan cairan disinfektan.

Reporter: Refkyan Mauldan/Magang

Redaktur: Awla Rajul/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas