2 mnt membaca"> Warga Tamansari Adukan Pemkot Bandung kepada Ombudsman - Suaka Online
Hukum dan Kriminal

Warga Tamansari Adukan Pemkot Bandung kepada Ombudsman2 mnt membaca

Ilustrasi/Suaka

SUAKAONLINE.COM – Warga Tamansari Bandung yang tergabung dalam Forum Tamansari Bersatu, melaporkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kepada Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Barat pada Rabu (17/2/2021) siang. Isi dari laporan tersebut yakni terkait dugaan malaadministrasi yang dilakukan Pemkot Bandung mengenai sengketa tanah dan bangunan.

Perwakilan Forum Tamansari Bersatu, Eva menyebutkan pihaknya telah menyerahkan satu bundel berkas kepada Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat. Adapun isi dari berkas tersebut adalah kumpulan bukti terkait dugaan malaadministrasi yang dilakukan oleh Pemkot Bandung. Selanjutnya berkas tersebut akan dipelajari oleh pihak Ombudsman.

“Hari ini kita sudah memberikan satu berkas kepada Ombudsman. Dengan dugaan malaadministrasi oleh pemkot Bandung mengenai sengketa tanah dan bangunan terkait perkara Tamansari Bandung. Responnya alhamdulillah baik sekali, mereka akan mempelajari berkas yang sudah diberikan,” ucapnya, Rabu (17/2/2021)

Sembari menyerahkan laporan, Forum Tamansari Bersatu juga melakukan aksi di depan kantor Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat. Menurut Eva, aksi ini merupakan bentuk solidaritas untuk mendukung warga yang bertahan. “Aksi ini dilakukan oleh teman-teman untuk mendukung warga yang sedang bertahan. Jadi teman-teman bersolidaritas untuk hadir mendukung kami.” tambahnya.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat, Dan Satriana mengatakan pihaknya akan memproses laporan tersebut sesuai dengan prosedur yang berlaku. Sebagai langkah awal, laporan tersebut akan melalui tahap pemeriksaan dan verifikasi berkas yang telah disampaikan oleh pelapor.

Dalam proses ini, butuh waktu 14 hari untuk memeriksa kelengkapan berkas yang diberikan. Nantinya, hasil dari pemeriksaan dan verifikasi ini akan disampaikan pada rapat perwakilan. Menurut Satriana, rapat pleno tersebut akan menentukan hasil dari dugaan yang dilaporkan Forum Tamansari Bersatu.

“Nah, rapat pleno itu yang akan menentukan apakah memang persoalan-persoalan atau dugaan-dugaan yang disampaikan pelapor itu menjadi kewenangan Ombudsman atau tidak. Kalo itu tidak menjadi kewenangan Ombudsman, maka kami akan memberitahu langsung. Dan kalo memungkinkan itu mendorong mereka untuk melakukan laporan kepada lembaga yang memang berwenang.” ujar Satriana.

Baca juga:  Labolatorium Fakultas Ushuluddin Gelar Webinar Bahas Regulasi Jurnal

Untuk masalah Tamansari, lanjut Satriana, laporan ini bukan yang pertama kali. Pihaknya sempat menerima beberapa jenis laporan dengan pelapor yang berbeda. Ia berharap agar masalah Tamansari ini bisa diselesasikan secara keseluruhan oleh Pemkot Bandung.

“Persoalan Tamansari ini isunya cukup kompleks. Karena kami menerima laporannya beda-beda. Sekarang masalah aset, kemarin masalah penggusurannya dan sebagainya. Nah pemkot Bandung seharusnya melihat masalah ini secara menyeluruh sehingga tidak ada lagi laporan-laporan dari masyarakat yang isunya terpisah-pisah” pungkasnya.

Reporter : Fuad Mutashim/Suaka

Redaktur : Fauzan Nugraha/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas