Advertorial

Webinar Karya Tulis Ilmiah, Tety: Tingkatkan Kemampuan Akademik

Wakil Dekan III Fakultas Sains dan Teknologi, Aep Saepuloh memberikan sambutan dalam webinar karya tulis ilmiah yang digelar LSIST pada Minggu (21/11/2021). (Foto: Maula Tamimi/Suaka)

SUAKAONLINE.COM – Lingkar Studi Ilmiah Sains dan Teknologi (LSIST) mengadakan webinar Karya Tulis Ilmiah melaui Zoom Meeting, Minggu (21/11/2021). Dengan mengusung tema Upgrading of Academic Potential Through, diharapkan dapat meningkatkan potensi akademik para peserta webinar melalui lomba karya tulis ilmiah (LKTI).

Webinar ini dihadiri mahasiswa dari berbagai jurusan serta Wakil Dekan III Fakultas Sains dan Teknologi, Aep Saepuloh. Webinar ini juga merupakan acara penutup dari rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) LSIST yang kedua.

LSIST Merupakan Badan Semi Otonom (BSO) di bawah naungan Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Sains dan Teknologi. LSIST sendiri bertugas menyediakan ruang bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan di bidang kepenulisan ilmiah seperti essai, karya tulis ilmiah, poster ilmiah, dan sebagainya.

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana Webinar, Taqiyah Nabila menjelaskan tujuan diadakannya webinar. “Adanya webinar ini adalah untuk membuka wawasan teman-teman dan dapat menjadi jembatan kita untuk meraih mimpi seperti mahasiswa berprestasi, beasiswa luar dan dalam negeri, pertukaran pelajar, dan masih banyak lagi,” jelasnya, Minggu (21/11/2021).

Webinar ini menghadirkan Ketua Unit Akselerasi Prestasi Mahasiwa Fakultas Sains dan Teknologi, Tety Sudiarti sebagai pemateri. Tety menjelaskan fokus mahasiswa harusnya ditekankan pada bidang akademik. Untuk akademik persentasenya sekitar 60 persen dan 40 persen lagi untuk non akademik. “Amanat dari pak rektor bahwa kegiatan mahasiswa harus ditekankan  pada bidang akademik,” tuturnya sebagai pembuka materi.

Selanjutnya, Tety memaparkan manfaat dari menulis karya tulis ilmiah. Salah satunya adalah meningkatkan kemampuan akademik. Dalam menulis KTI, diperlukan untuk membaca jurnal-jurnal, yang dapat memperluas cakrawala pengetahuan.  

Selain itu, menulis KTI dapat meningkatkan kemampuan untuk menggabungkan banyak bacaan dari berbagai sumber menjadi satu karya, yang mana pada jangka panjangnya akan memberikan kemampuan untuk membuat buku. Pada akhirnya buku tersebut dapat dijual dan memberikan benefitbagi penulisnya.

Di akhir, Tety memberikan tips untuk sukses dalam lomba karya tulis ilmiah. “Dari segi konten harus kreatif dan objektif, jadi harus menulis ide-ide kreatif untuk memecahkan masalah yang ada di masyarakat dengan pemikiran yang tentunya berbeda. Kemudian jangan bersifat emosional atau subjektif jadi harus didukung oleh data dan tidak plagiarisme.  Setiap tahapnya didesain secara sistematis dan koheren,” paparnya di akhir materi.   

Reporter         : Maula Tamimi

Redaktur        : Fuad Mutashim

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Ke Atas