3 mnt membaca"> Delegasi LKDM Raih Juara Satu Lomba Debat Hukum Nasional - Suaka Online
Kampusiana

Delegasi LKDM Raih Juara Satu Lomba Debat Hukum Nasional3 mnt membaca

Dok. Pribadi

SUAKA.ONLINE.COM -Delegasi Lembaga Kajian dan Debat Mahasiswa (LKDM) Ilmu Hukum UIN SGD Bandung berhasil meraih juara satu lomba debat hukum nasional pada Kompetisi Debat Hukum Online Nasional UNISSULA LAW FAIR 2021, yang diselenggarakan oleh Universitas Sultan Agung Semarang, dengan tema “Penegakan Hukum Dan HAM Dalam Perspektif Negara Hukum Yang Pancasilais”.  Kompetisi ini berlangsung secara daring dari tanggal 24 Februari hingga 5 April 2021 yang diikuti oleh 27 Universitas seluruh Indonesia.

LKDM mengutus tiga anggota delegasi yaitu Vienka Rahmanillah, Fajar Nurulloh, dan Makhyatul Fikriyah. Perlombaan tersebut diawali dengan babak penyisihan melalui video penyampaian argumentasi pro dan kontra dengan mosi debat  “Perampasan Hak Politik Para eks-HTI dan PKI lewat RUU Pemilu”. Masing-masing argumentasi dikemas dalam satu video yang diunggah di kanal youtoube dan instagram Unissula Law Fair.

Setelah melalui babak penyisihan yang cukup panjang, tim LKDM berhasil meraih posisi pertama pada delapan besar. Kemudian, dilanjut pada babak final dengan mosi debat “Pengesahan Peraturan Presiden tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme” yang akhirnya berhasil membawa LKDM meraih juara pertama.

Ketua LKDM, Chep Hadad menjelaskan bahwa prestasi yang membanggakan ini tak lain merupakan hasil kerja keras dan kontribusi segenap pihak walaupun dengan waktu yang cukup singkat. “Proses pembinaan untuk delegasi termasuk singkat. Karena kami melakukan persiapan selama kurang lebih dua minggu. Maka daripada itu kami melakukan latihan rutin dan padat untuk meraih hasil yang maksimal.” ucapnya, Senin (12/4/21)

Salah satu delegasi LKDM Vienka Rahmanillah menjelaskan bahwa persiapan yang dilakukannya dibantu dengan adanya fasilitas yang disediakan oleh kampus, juga bantuan dari alumni-alumni LKDM itu sendiri, baik dalam pelatihan maupun dana. Dalam persiapan ini juga, bukan hanya mempersiapkan dari segi intelektual saja, melainkan persiapan mental dan fisik juga dilakukan.

Baca juga:  Era Digital Berdampingan DenganComputer Vision Syndrome (CVS)

Vienka juga mengucapkan rasa syukur terhadap prestasi yang telah diraihnya. “Mengikuti lomba ini benar-benar speechless. Namun, dari awal saya yakin dan percaya bahwa apa yang kami lakukan akan membuahkan hasil, dan hal itu pun akhirnya terwujud. Kata-kata proses tidak mengkhianati hasil benar-benar ada bukan hanya bualan semata. Harapannya semoga dapat menjuarai kembali lomba-lomba bahkan untuk tingkat yang lebih serta bisa membanggakan LKDM dan almamater.” Pungkasnya.

Pembimbing LKDM, Dede Kania, turut mengungkapan rasa sukacita dengan peraihan prestasi ini. Dia  berharap delegasi dan anggota LDKM lainnya dapat terus melakukan kajian dan latihan untuk perlombaan selajutnya. Dia juga berharap untuk kedepannya, pihak kampus dapat memberikan perhatian terhadap delegasi dalam berbagai perlombaan

Ketua Jurusan Ilmu Hukum, Utang Rosidin, mengungkapkan rasa terimakasihnya terhadap berbagai pihak yang telah ikut berkontribusi dalam prestasi yang telah diraih pada lomba debat kali ini. Dia Juga menjelaskan bahwa keberhasilan tersebut tentunya meberikan kontribusi terhadap program Studi Ilmu Hukum.

Rosidin berharap semoga keberhasilan ini menjadi motivasi bagi seluruh mahasiswa “Kami berharap, semoga keberhasilan ini menjadi motivasi bagi seluruh mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum untuk tetap mempertahankan dan bahkan terus meningkatkan prestasinya dalam berbagai bidang, walaupun pada masa Pandemi seperti sekarang ini.” Pungkasnya.

Reporter : Intan Faizatul/Magang

Redaktur : Fauzan Nugraha/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas