2 mnt membaca"> Menilik Persiapan Masjid UIN Bandung Menjelang Ramadhan - Suaka Online
Kampusiana

Menilik Persiapan Masjid UIN Bandung Menjelang Ramadhan2 mnt membaca

Masjid Kampus II UIN SGD Bandung. (Ilustrasi: Raafi Herdiansyah/Magang)

SUAKAONLINE.COM – Bulan Ramadan dipercaya oleh umat Islam sebagai bulan yang penuh berkah. Di bulan ini umat Islam diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh. Untuk menyambut bulan yang suci ini diperlukan persiapan yang matang. Hal itu pula yang coba diwujudkan oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) UIN SGD Bandung.

Ketua DKM Masjid Ikomah, Bachrun Rifa’I mengatakan selama Ramadan Masjid Ikomah akan mengadakan berbagai kegiatan keagamaan yang bisa diikuti oleh mahasiswa dan masyarakat umum. “Ya, di bulan Ramadhan ini insyaallah kita mengadakan salat tarawih, berbagi takjil, kemudian di akhirakan melakukan kegiatan salat Idul Fitri,” ucapnya saat diwawancara Rabu, (7/4/2021).

Hal ini menjadi pembeda dengan tahun sebelumnya yang sama sekali tidak ada kegiatan selama bulan Ramadan. Namun dalam pelaksanaannya, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan. “Untuk protokol kesehatan kita menyiapkan alat pengukur suhu, hand sanitizer, himbauan untuk memakai masker, membawa perlengkapan salat sendiri,  kemudian untuk cuci tangannya kami siapkan di tempatwudhu,” tambahnya.

Sama halnya dengan Masjid Ikomah, Masjid di kampus IIUIN SGD Bandung pun akan mengadakan kegiatan serupa. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Takmir Masjid kampus II UIN SGD Bandung, Wendi Saepul Mikdar. 

“Kegiatannya ada salat tarawih, buka bersama dengan takjil dan nasi kotak yang sudah disediakan oleh pihak DKM dari hari pertama hingga selesai. Ada juga kajian-kajian dari dosen setiap hari menjelang berbuka. Kami juga akan mengadakan tabligh akbar ada mingguan dan juga bulanan,” ujarnya.

Wendi juga menjelaskan penerapan protokol kesehatan akandiberlakukan dengan sangat ketat. Seperti penggunaan masker, menjaga jarak saat salat, dan juga pengecekan suhu.Selain itu, dalam usaha mencegah timbulnya kerumunan kedua pihak DKM membatasi jumlah porsi takjil yang akan dibagikan, yakni sebanyak 50 porsi saja.

Di akhir pembicaraan dirinya berharap segala kegiatan selama bulan Ramadhan bisa berjalan dengan lancar dan juga aman. “Saya harap kita semua bisa memakmurkan masjid. Supaya makna dari bulan Ramadannya itu terasa dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan di mesjid. Dan juga sebagai ajang promosi bahwa ada masjid baru di kampus 2 UIN SGD Bandung,” pungkasnya.

Reporter: Diva Ayu Afiani & Raafi Herdiansyah Putra/Magang

Baca juga:  Dema UIN Bandung Bersama KEMENAG Resmikan Sekolah Dakwah

Redaktur: Fuad Mutashim/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas