2 mnt membaca"> Dema UIN Bandung Bersama KEMENAG Resmikan Sekolah Dakwah - Suaka Online
Kampusiana

Dema UIN Bandung Bersama KEMENAG Resmikan Sekolah Dakwah2 mnt membaca

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat menyampaikan sambutannya dalam acara Pembukaan Sekolah Dakwah melalui zoom meeting, Rabu (13/10/2021). (Nurhasanah/Suaka)

SUAKAONLINE.COM. – Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) UIN SGD Bandung berkolaborasi dengan Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat membuka kegiatan Sekolah Dakwah melalui zoom meeting, Rabu (13/10/2021). Pembukaan Sekolah Dakwah ini bertemakan “Dinaminasi Dakwah Islam Moderasi Beragama dan Pembentukan Generasi Emas Dalam Menciptakan Kesejahteraan dan Kemajuan Bangsa Indonesia”.

Menteri Agama Dema UIN SGD Bandung, M. Taufiq dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini. “Mewujudkan kesadaran mahasiswa/i akan dinamisasi dakwah islam, sebagai acuan bagi mahasiswa membentuk karakter produktif yang tangguh diberbagai keadaan juga agar mahasiswa dapat mengetahui cara mensyiarkan agama dengan baik sekaligus mampu menjadi problem solve di era bangsa sekarang.” Ungkapnya.

Selanjutnya, Ketua DEMA UIN Bandung, Malik Fajar  menjelaskan bahwa seyogyanya dengan diadakannya Sekolah Dakwah ini seluruh peserta dan panitia akan mendapatkan banyak pembelajaran. Serta banyak pengetahuan baru tentang bagaimana bisa menyelaraskan antara kehidupan berbangsa dan bernegara.

Acara ini dibuka oleh Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN SGD Bandung, Khoirudin yang mana mewakili Rektor UIN SGD Bandung, Mahmud. Didalamnya Khoirudin menyampaikan bahwa ia menyambut baik akan acara ini, sebab dari urgensitas dakwah itu sendiri

Dia juga menjelaskan bahwa ada hal-hal yang harus dipersiapkan ketika dakwah. Diantaranya ilmu dakwah itu sendiri, bagaimana dakwah yang disampaikan itu efektif dan dapat diterima di masyarakat. Selain itu mempersiapkan pula ilmu-ilmu yang menunjang dakwah, yang juga dapat diserap oleh masyarakat.

Lebih lanjut, Khoirudin berharap Sekolah Dakwah ini dapat terus berlanjut ke generassi selanjutnya. “Mudah-mudahan bukan hanya sekali ini tapi mungkin bisa angkatan selanjutnya. Karna sekolah dakwah ini sangat penting bagi da’i-da’iyah dan mubalig-mubaligoh ketika menyampaikan dakwah.” Pungkasnya.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat (Kakanwil Kemenag Jabar), Adib yang juga menyambut baik diadakannya Sekolah Dakwah ini. ”Saya sangat menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh Dema UIN SGD Bandung ini karna tantangan dakwah di era digital sekarang ini tentu lebih kompleks dibandingkan dengan dakwah dimasa-masa sebelumnya,” jelasnya.

Kemudian Adib menyinggung berbagai tantangan yang dihadapi para aktivis dakwah sekarang ini. Dari mulai tuntutan pemanfaatan ruang-ruang kosong teknologi informasi, meluasnya kelompok-kelompok dakwah yang lebih mengedepankan politik bahkan cenderung ekstream, juga tuntutan manajemen kemasan dakwah yang menarik dan kreatif.

Terakhir, Adib menyampaikan harapan dari Sekolah Dakwah  ini. “Mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberikan kemanfaatan yang seluas luasnya bagi para aktivis muda dakwah yang moderat, dakwah yang mengajak kita semua menuju kehidupan keberagamaan yang harmonis, mengedepankan toleransi dan tentu dalam konteks wawasan kebangsaan dalam membangun negara kesatuan republik Indonesia.” Tutupnya.

Reporter: Nurhasanah/Suaka

Redaktur: Fauzan Nugraha/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas