2 mnt membaca"> Upaya Pencegahan Hoax, LSIST Adakan Lomba Video Kreatif - Suaka Online
Advertorial

Upaya Pencegahan Hoax, LSIST Adakan Lomba Video Kreatif2 mnt membaca

Salah seorang peserta dalam perlombaan vidio kreatif sedang mempresentasikan vidionya. Perlombaan ini diselenggarakan oleh Lingkar Studi Ilmiah Sains dan Teknolosi (LSIST) melalui google meet, Sabtu (9/10/2021). (Auliya UmaynaAndani)

SUAKAONLINE.COM – Lingkar Studi Ilmiah Sains dan Teknolosi (LSIST) menggelar perlombaan video kreatif yang bertemakan “Semangat Generasi Milenial Dalam Menanggulangi Hoax di Masa Pandemi”. Perlombaan ini, digelar secara online pada (09/10/2021). Acara ini dihadiri oleh 10 finalis yang mempersentasikan karyanya melalui google meet sekaligus penilaian dan tanya jawab oleh para juri.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan Fakultas Sains dan Tektonogi Aep Saefulloh. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa pelombaan ini bisa menjadi kontribusi pada dunia dengan diadakannya riset sebelum perlombaan, hal ini bisa membantu dalam menaikan peringkat kampus Indonesia di mata dunia.

Acara ini dimulai dengan opening ceremony yang dilanjutkan dengan persentasi dari 10 finalis yang dipilih berdasarkan penilaian juri. Kemudian, dipilih tiga finalis untuk menjadi juara satu, dua, dan tiga serta juara favorit yang dipilih berdasarkan like.

Ketua pelasana lomba video kreatif, Asri Azzahra menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk upaya dalam mencegah penyebaran hoax. Selain itu perlombaan ini juga diadakan untuk meningkatkan kreatifitas masyarakat umum khususnya pelajar dan mahasiswa, serta bertujuan untuk mengedukasi masyarakat melalui video.

Mengenai tema acara ini, dia juga menjelaskan bahwa pada masa pandemi ini banyak berita-berita hoax yang tersebar di masyarakat. “Maka dari itu kami memilih tema tersebut karena melihat banyak sekali berita-berita hoax dimasyarakat seputar pandemi ini. Dan mayoritas dari masyarakat tersebut tidak memfilter setiap berita yg mereka dapatkan padahal kebenarannya sendiri belum bisa dibuktikan dengan pasti.” Ujarnya.

Salah satu pemenang lomba video kreatif, Siti mengatakan alasannya mengikuti perlombaan ini karna tertarik dengan tema yang diusung oleh LSIST dalam lomba video kreatif tersebut.  “Karena lumayan interest di dunia videograpi, terus temanya juga menarik dan relate banget sama keadaan hari ini” tuturnya saat diwawancarai melalaui Whatsapp pada minggu (10/10/2021)

Baca juga:  Dema UIN Bandung Bersama KEMENAG Resmikan Sekolah Dakwah

Dalam persiapaanya untuk mengikuti lomba ini, Siti juga menyampaikan bahwa dirinya melakukan tiga tahap. Pertama, perancangan konsep yang meliputi skrip, footage, dan narasi. Kedua, yaitu pengambilan gambar dan perealisasian. Ketiga, yaitu editing.

Terakhir, ia menyampaikan kesan yang didapat dari perlombaan tersebut “selain dapet pengalaman berkompetisi dengan temen temen dari berbagai instansi juga dapet banyak ilmu yang sebelumnya ga pernah aku tau tentang vidiografi khususnya” tutupnya.

Reporter: Auliya Umayna Andani/Suaka

Redaktur: Fauzan Nugraha/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas