2 mnt membaca"> Farhan Samsul Terpilih Sebagai Ketua DEMA-F Psikologi Periode 2021-2022 - Suaka Online
Kampusiana

Farhan Samsul Terpilih Sebagai Ketua DEMA-F Psikologi Periode 2021-20222 mnt membaca

Dekan Fakultas Psikologi, Agus Abdul Rahman memberikan sambutan dalam pembukaan Musyawarah
Mahasiswa Pemilihan Ketua DEMA-F Psikologi UIN SGD Bandung melalui Zoom Meeting, Sabtu
(31/7/2021). (Foto: Shafa Maura Zahwa/Suaka)

SUAKAONLINE.COM – Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa Fakultas (KPUM-F) Psikologi menggelar Musyawarah Mahasiwa (Musma) melalui Zoom Meeting, Sabtu (31/7/2021). Dalam musyawarah tersebut terpilih Muhammad Farhan Samsul sebagai Ketua Dema-F Psikologi periode 2021-2022.

Hadir dalam acara tersebut Dekan Fakultas Psikologi, Agus Abdul Rahman dan Wakil Dekan III Fakultas Psikologi, Irfan Fahmi. Dalam sambutannya, Agus menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini. “Saya apresiasi kawan-kawan mahasiswa walaupun dalam situasi seperti ini masih bisa merencanakan dan menyelenggarakan Musyawarah Mahasiswa dalam rangka nanti memilih ketua Dema-F baru,” ujarnya Sabtu (31/7/2021).

Pemilihan ketua Dema-F Psikologi ini dilakukan secara keterwakilan dan langsung. Dikarenakan selama masa pendaftaran hanya ada satu calon kandidat yang lolos verifikasi, maka sistem pemilihan dilakukan secara aklamasi. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua KPUM-F Aditya Rahman.

“Karena pemilihan calon ketua Dema-F Psikologi tahun ini hanya ada satu calon, sehingga menjadi aklamasi. Sifatnya adalah musyawarah mufakat. Hanya peserta musyawarahnya harus memenuhi quorum yaitu 50 persen tambah satu saat hari-H pelaksanaan. Dilihat dari data peserta musyawarah saat itu,” jelas Adit, Jum’at (30/7/2021).

Sementara itu, peserta yang berhak menggunakan hak suara ialah perwakilan setiap kelas dari masing-masing angkatan yang berjumlah sebanyak sembilan belas orang. Dengan rincian untuk angkatan 2018 sampai angkatan 2020 sesuai jumlah kelas yang ada. Sedangkan untuk angkatan 2016 dan 2017 hanya diwakili oleh satu orang dari masing-masing angkatan.

Formatur Ketua Dema-F Psikologi terpilih Muhammad Farhan Samsul berharap visi dan misinya dapat mewujudkan lembaga eksekutif yang produktif. “Dalam visi tersebut, saya membawa lima nilai yang menjadi prioritas strategi untuk Dema-F Psikologi yang lebih baik,” tuturnya saat dihubungi via WhatsApp.

Menurutnya ada beberapa strategi untuk mewujudkan visi dan misinya. Yakni memperjuangkan nilai-nilai semanagat revolsioner, membangun sistem internal yang solid, peduli, dan militan, serta menanamkan pemahaman konsep dasar organisasi pada setiap pengurus agar memahami arah kerja Dema-F Psikologi.

Baca juga:  Beredar Isu Penggusuran, Pedagang Kantin Biru Gelar Aksi

Salah satu rencana program kerja yang akan ia jalankan ialah peningkatan nalar dan intelektual. Hal tersebut bertujuan untuk memperkuat literatur dan membentuk budaya dialektis yang baik. Selain itu, ia akan mengadakan pelatihan dasar kepemimpinan sebagai upaya regenerasi dan melakukan pengabdian kepada masyarakat.  

“Ada beberapa opsi dalam menjalankan hal tersebut. Khususnya dalam situasi sekarang sangat dibutuhkan peran kepada masyarakat. Bukan hanya secara administratif tapi bukti konkrit juga, atau secara nyata. Serta mengadakan pengembangan atau pelatihan dasar kepemimpinan sebagai bekal regenerasi atau kaderisasi organisasi intra fakultas,” pungkasnya.

Reporter: Shafa Maura Zahwa/Suaka

Redaktur: Fuad Mutashim/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas