Kampusiana

Grand Opening Pesona I Dihadiri Gubernur Jabar dan Menteri Agama RI

Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Rektor UIN Bandung Mahmud, dan jajaran pejabat Kementerian Agama membuka secara resmi Pekan Seni dan Olahraga I PTKN 2022 dengan memainkan angklung sebagai simbolis, Selasa (9/8/2022). (Foto : Riziq Abdul Malik/Suaka).

SUAKAONLINE.COM – Pelaksanaan Pekan Seni dan Olahraga (PESONA) 1 PTKN 2022 resmi dibuka, di Kampus II UIN SGD Bandung, pada Selasa (9/8/2022). Pembukaan ini dilakukan secara simbolik dengan memainkan angklung secara bersamaan yang dilakukan oleh Rektor UIN Bandung, Mahmud, Menteri Agama, Yaqut Cholil, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Ali Ramdhani, dan Kapolda Jawa Barat, Suntana.

Pesona 1 PTKN 2022 sendiri merupakan transformasi dari acara Pionir yang terdiri dari dua agenda besar, yaitu Oase dan Pesona. Untuk Oase sendiri sudah dilaksanakan lebih dulu dengan tuan rumah UIN Ar-Raniry Aceh sebagai tuan rumah, sedangkan untuk pesona dilaksanakan di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Dengan mengusung ‘Spirit of Harmony’, Rektor UIN SGD Bandung Mahmud mengatakan tema kegiatan acara ini ialah transformasi nilai-nilai kebermanfaatan dalam bingkai  kebersamaan untuk Indonesia maju dan unggul pada masa yang akan datang. Selain itu, ia juga menyampaikan ada ribuan peserta mengikuti perlombaan dari sejumlah cabang olahraga di 62 perguruan tinggi.

“Kegiatan pesona 1 diikuti dari dua kegiatan, yang pertama kesenian dan yang kedua olahraga. Ada 12 cabang kesenian dan 10 cabang olahraga dengan jumlah 3.549 peserta,” ucap Mahmud saat memberikan sambutan, Selasa (9/8/2022).

Mahmud berharap selesainya acara Pesona, PTKN mampu tampil mempesona dalam konteks menjaga NKRI. “Harapan saya, setelah selesai agenda ini, PTKN mampu tampil mempesona dalam konteks menjaga NKRI yang kita cintai,” harap Mahmud sebelum menutup salam.

Di lain sisi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengapresiasi kemeriahan acara Pesona I tahun ini. Menurutnya hal ini merupakan representasi dari keindahan Indonesia. “Inilah wajah Indonesia yang sesungguhnya, menampilkan keilmuan, menampilkan fisik yang paripurna, dan ekspresi seni yang Allah berikan,” ungkapnya saat memberikan sambutan.

Lebih dari itu, Kang Emil sebutan akrabnya menyampaikan nilai dari Pesona ini. Ia menyampaikan pesan bagi seluruh audiens yang hadir. “Dengan ilmu hidup lebih mudah, dengan budaya hidup lebih meriah, dengan olah raga hidup lebih gagah, dengan bekerja hidup lebih berfaedah,” lanjutnya.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan apresiasinya kepada seluruh peserta Pesona. “Saya tahu mungkin mereka mempersiapkan waktu dua bulanan untuk itu, saya ingin memberikan apresiasi mendalam dan saya ingin menyampaikan kami betul bangga dengan mahasiswa PTKN,” ungkapnya.

Sebelum menutup sambutannya, ia berharap Pesona ini dapat mempesona dalam segala aspek. “Kita beharap bahwa pesona ini dapat mempesona dalam.setiap aspeknya. Dan hal yang paling penting adalah mempesona dalam akhlakul karmahnya, dan dapat menjunjung tinggi moralitas,” tutupnya.

Reporter : Elni Pujayanti/Suaka

Redaktur : Yopi Muharam/Suaka

1 Comment

1 Comment

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Ke Atas