" > 1 mnt membaca"> Jumlah Dosen UIN Bandung (Berdasarkan Fakultas) - Suaka Online
Grafis

Jumlah Dosen UIN Bandung (Berdasarkan Fakultas)1 mnt membaca

Berdasarkan data bagian Kepegawaian Al-jamian per-April 2020, total  dosen UIN SGD Bandung yaitu 829 orang. Jumlah tersebut terdiri atas 41 orang guru besar, 273 orang berpangkat Lektor Kepala, 428 berpangkat Lektor, 24 orang Asisten Ahli, 62 orang Tenaga Pengajar, dan sisanya 1 orang CPNS Calon Dosen (Cados).

Fakultas Tarbiyah dan Kegurusan menjadi fakultas dengan jumlah dosen terbanyak, yaitu 171 orang. Posisi berikutnya fakultas Syariah dan Hukum dengan masih menggabungkan dengan fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, jumlahnya 121 orang. Posisi berikutnya secara berurutan yaitu, fakultas Dakwah dan Komunikasi memiliki 93 orang dosen, fakultas Sains dan Teknologi serta Dosen Dipekerjakan (DPK) masing-masing 83 orang, Fakultas Adab dan Humaniora serta Ushuluddin sama-sama 80 orang dosen, fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 79 orang, dan fakultas Psikologi 39 orang.

Sementara itu, dari komposisi gender, jumlah dosen di UIN SGD Bandung masih didominasi oleh laki-laki 71,5% dan 28,5% dosen perempuan. Di beberapa fakultas bahkan memiliki komposisi gender yang sangat timpang. Di fakultas Adab dan Humaniora, 81% dosen adalah laki-laki dan hanya 19% yang merupakan dosen perempuan. Meski begitu, di dua fakultas  yaitu fakultas Sains dan Teknologi serta fakultas Psikologi memiliki presentase yang hampir seimbang Di fakultas Psikologi komposisi dosen terdiri atas 54% perempuan dan 46% laki-laki, dan di fakultas Sains dan Teknologi memiliki 56% dosen laki-laki dan 44% dosen perempuan.

Penyunting – Tim Riset, Data dan Informasi

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas