" > 2 mnt membaca"> LC Buka Pendaftaran Tes TOEFL/TOAFL - Suaka Online
Kampusiana

LC Buka Pendaftaran Tes TOEFL/TOAFL2 mnt membaca

Dok.Suaka

SUAKAONLINE.COM – Languange Center (LC) UIN SGD Bandung kembali membuka pendaftaran tes TOEFL/TOAFL pada hari Senin (16/11/2020). Sebelumnya tes tersebut sempat ditunda akibat dari masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan mahasiswa untuk melaksanakan kuliah secara daring.

Menurut Staf Tenaga Administrasi Pusat Pengembangan Bahasa UIN SGD Bandung, Enjang Sukmana, jika pendaftaran tes TOEFA/TOAFL dilaksanakan dalam kurun waktu sebulan dan pihak LC menyediakan jadwal alternatif untuk pelaksanaan tes dan kursus.

“Dari kapan sampai kapan kurang lebih satu bulan ini sejak dibuka hingga penutupan. Begitu juga tes, jadi setelah mahasiswa mengikuti kursus keterampilan Bahasa atau kursus TOEFL/TOAFL, kami menyediakan dan menjadwalkan pilihan alternatif juga, baik kursus maupun tes,” ungkapnya, Rabu (18/11/2020).

Alternatif yang diberikan yaitu mahasiswa dapat menentukan jadwal pelaksanaan tes dengan tujuan supaya tidak berbarengan dengan jadwal kuliah yang ada. “Tetapi untuk tes itu, kami di pusat pengembangan Bahasa setiap hari kerja membuka pelayanan tes dari mulai jam 09.00 pagi, sampai jam 17.30. Jadi, menyediakan kesiapan mahasiswanya, kapan mahasiswa memilih jadwal untuk mengikuti kegiatan tes tersebut,” lanjutnya.

Kemudian syarat dalam pelaksanaan tes ini, seluruh mahasiswa diharuskan mengikuti kursus terlebih dahulu. Jika sebelumnya belum pernah melaksanakan kursus, maka data mahasiswa tidak ada pada laman LC. 

Dalam pelaksanaan tes ini mahasiswa tidak dipungut biaya, karena sudah masuk dalam Uang Kuliah Tunggal (UKT). Mahasiswa diberi kesempatan sebanyak dua kali jika hasil yang diraih belum memenuhi syarat. Namun, jika hasilnya tetap  belum bisa memenuhi syarat, dapat dilakukan tes selanjutnya dengan dipungut biaya sebesar Rp. 75.000.

“Pusat Pengembangan Bahasa memberikan kebijakan kepada mahasiswa, apabila mahasiswa akan mengulangi tes karena skornya tidak memenuhi syarat. Maka pusat Pengembangan Bahasa memberikan keringanan bahwa untuk tes kedua kalinya itu tidak dipungut biaya. Kecuali mahasiswa yang akan mengulang ketiga, keempat kali dan seterusnya, itu dikenakan biaya Rp. 75.000. biaya tes tersebut disetor langsung ke rekening UIN SGD,” lanjut Enjang. 

Baca juga:  Wanita Berdaya : Geliat Wanita Sebagai Pemimpin Negara

Sebelumnya, menurut salah satu mahasiswa semester tujuh, jurusan Jurnalistik , Fadil Ilman, menuturkan belum mengetahui tentang dibukanya tes tersebut karena belum beredar kabar tersebut dalam lingkup jurusannya. Ia pun mempertanyakan pembukaan pendaftaran tes tersebut diinfokan lewat media apa.

Fadil berharap agar informasi ini dapat tersebar dengan cepat, hingga ke fakultas atau jurusan.  Dengan tujuan seluruh mahasiswa dapat segera mendaftar diri untuk melaksanakan tes, dikarenakan hasil dari tes tersebut merupakan syarat wajib untuk mengikuti Sidang Munaqosyah.

Reporter : Maulana Althaf Husen/Suaka

Redaktur: Awla Rajul/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas