" > 2 mnt membaca"> Mahasiswa Jurusan BSA Raih Gelar Pujian Verbal AYIMUN 2020 - Suaka Online
Kampusiana

Mahasiswa Jurusan BSA Raih Gelar Pujian Verbal AYIMUN 20202 mnt membaca

Dok.Pribadi

SUAKAONLINE.COM – Mahasiswa jurusan Bahasa dan Sasra Arab (BSA) UIN SGD Bandung, Abdullah Alwi, mendapatkan rekognisi global, berupa gelar pujian verbal (verbal commendation) dalam acara Asian Youth Model United Nation (AYIMUN) Virtual Conference 2020, pada Minggu (8/11/2020). 

AYIMUN merupakan salah satu organisasi terbesar di dunia yang menyelenggarakan program berupa simulasi konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Acara ini diikuti oleh berbagai pemuda di seluruh dunia yang nanti akan menjadi delegasi dan mewakili berbagai negara untuk melakukan simulasi konferensi PBB. 

Dalam wawancara yang dilakukan bersama LPM Suaka, Abdullah Alwi mengaku iseng mendaftar. Setelah mendaftar dan melalui proses seleksi yang panjang dari ribuan pendaftar, Abdullah Alwi terpilih sebagai delegasi dari Iran dan mendapatkan topik pembahasan women empowerment

“Dua bulan sebelum acara AYIMUN 2020 kemarin, saya melihat ada iklan AYIMUN Virtual Content, karena pandemi. Lalu kepikiran iseng untuk daftar saja, karena kan acara bergengsi dan enggak kepikiran sama sekali bakal kepilih, setelah ada email tiga hari kemudian ternyata terpilih dari ribuan orang,” ujarnya saat dihubungi melalui telepon, Minggu (29/11/20).

Dia juga mengaku bahwa motivasi mengikuti kegiatan ini selain karena acara yang bergengsi, memiliki minat terhadap acara-acara politik dan internasional, juga untuk meningkatkan kemampuan yang dia miliki. Selain terpilih sebagai delegasi Iran, Abdullah Alwi juga mendapatkan rekognisi berupa gelar pujian verbal (verbal commendation) atas keikutsertaannya. Alwi terpilih dari 50 orang dalam satu dewan PBB (council united nation). 

“Perasaan saya kaget sih dan bersyukur, sampai sujud syukur lah disitu. Jadi verbal commendation kan kalau dalam Bahasa Indonesia nya pujian verbal, nah itu dalam satu council (berisi 50 orang, red) dipilih lima orang yang akan mendapat penghargaan. Yang pertama best delegate, kemudian honourable mention, most outstanding, verbal commendation, dan best position paper. Nah saya terpilih mendapatkan gelar verbal commendation,” ungkapnya.  

Baca juga:  Dilema Peraturan Pemerintah Mengenai Hak Cipta Musik

Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, Asep Supianuddin mengaku sangat mengapresiasi keikutsertaan salah satu mahasiswa jurusan BSA dan pencapaian yang diraih dalam acara tersebut. Asep mengaku sejak awal Alwi meminta dukungan, pihaknya sangat bangga dan memberikan apresiasi atas keterlibatan pada acara internasional.

Selain itu, untuk menindak lanjuti hal tersebut, Asep mewacanakan akan membuat program baru dan bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) agar dapat membuka peluang-peluang baru bagi mahasiswa yang lain untuk berprestasi. 

“Tentang hal ini kami merencanakan ada semacam penggalian pengalaman, mungkin Abdullah Alwi ini akan kita posisikan sebagai narasumber yang akan kita kerjasamakan dengan HMJ, supaya HMJ memiliki acara itu (penggalian pengalaman, red) dan supaya teman-teman lain juga mendapatkan pengalaman dari Abdullah Alwi ini.” Ungkapnya saat dihubungi Suaka via telepon, Senin (30/11/2020). 

Reporter : Gemilang Yusrima Renic/Suaka

Redaktur: Awla Rajul/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas