" > 2 mnt membaca"> Mahasiswa Matematika Raih Medali Perak Olimpiade Matematika 2020 - Suaka Online
Kampusiana

Mahasiswa Matematika Raih Medali Perak Olimpiade Matematika 20202 mnt membaca

Mohammad Ilham saat diwawancarai Suaka melalui Zoom Meeting, Jumat (27/11/2020). (Zahra Nayla dan Santika/Suaka)

SUAKAONLINE.COM – Mahasiswa jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UIN SGD Bandung, Mohammad Ilham meraih medali perak di cabang olimpiade matematika pada event UNP Mathematics Challenge 2020 yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Matematika Universitas Negeri Padang secara daring, pada Sabtu (14/11/2020).

Mohammad Ilham menuturkan ia memang kerap kali mengikuti berbagai lomba atau olimpiade tingkat nasional. Seperti pada pertengahan Agustus 2020 lalu, ia turut serta dalam olimpiade BKS PTN Barat yang diadakan di Universitas Andalas dan berhasil mendapat medali perunggu. 

Pada UNP Mathematics Challenge tahun ini, selain olimpiade matematika, ia juga  mengikuti lomba video. Dari dua perlombaan yang ia ikuti tersebut, Ilham bersaing dengan 168 dan 243 dari masing-masing lomba dan berhasil membawa medali perak dalam cabang lomba olimpiade matematika.

Meski dilakukan secara daring, tak menghalanginya untuk tetap produktif. Bahkan ia mengaku lebih semangat untuk mengikuti berbagai macam perlombaan matematika. “Selama semester ini saya mengikuti lima perlombaan yaitu Kompetisi Sobat Bumi (KSB), MIPA di Universitas Andalas, Fun Mathematics Competition (FMC), olimpiade di Universitas Negeri Padang, dan MATIC yang akan diselenggarakan besok,” tuturnya saat wawancara via zoom meeting, pada Jumat (27/11/2020). 

Mahasiswa yang dinyatakan lolos dalam babak penyisihan MATIC itu mengaku tidak punya persiapan khusus dalam setiap perlombaan, ia hanya giat belajar setiap malam. “Banyakin liat dunia luar, dunia luar itu jauh lebih ganas dan kita jauh banget tertinggal. Tipsnya lebih melek ke dunia luar jangan mentang-mentang udah enak dan acuh padahal dunia luar saingannya tuh berat,” ungkapnya.

“Alhamdulillah prestasi mahasiswa fakultas Saintek semakin membanggakan khususnya di tingkat nasional. Pada olimpiade yang di Universitas Andalas kita banyak meraih medali salah satunya medali perunggu yang diraih Ilham. Padahal dari segi kompetitor, lomba ini diikuti oleh banyak perguruan tinggi  tapi kita bisa ikut berkompetisi dan sangat kompetitif,” Ucap Wakil Dekan III Sains dan Teknologi, melalui Voice message Whatsapp, pada Rabu (2/12/2020).

Baca juga:  Wanita Berdaya : Geliat Wanita Sebagai Pemimpin Negara

Beliau berharap dengan diraihnya prestasi oleh kawan-kawan mahasiswa lain menjadi motivasi bahwa mahasiswa UIN SGD Bandung sudah bisa sejajar dengan mahasiswa Universitas lain dan tidak perlu merasa minder. Beliau juga menyatakan dalam mengembangkan prestasi mahasiswa, fakultas Sains dan Teknologi memiliki suatu unit khusus.

Unit ini bertugas untuk menyiapkan mahasiswa mencapai prestasi di bidang keilmiahan dan berada di bawah koordinasi Wadek III yang menampung kurang lebih 100 mahasiswa berprestasi. Selain dibina untuk mengikuti ajang nasional dan internasional, mahasiswa berprestasi yang sudah semester tujuh pun turut dibina untuk melanjutkan studi S2.

Meski fakultas belum mampu memberikan dana dalam setiap perlombaan, Wakil dekan III, Aep mengaku telah menyiapkan award bagi para mahasiswa berprestasi. “Di akhir tahun nanti kita ada acara bersama se-fakultas, kita akan berikan penghargaan kepada yang telah mengharumkan nama baik fakultas, sekaligus itu bagian dari pembinaan dan motivasi untuk yang lainnya.” Tutupnya. 

Reporter: Zahra Nayla dan Santika/Suaka

Redaktur: Awla Rajul/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas