" > 2 mnt membaca"> Mengenal Tingkat Penyebaran Virus - Suaka Online
Infografis

Mengenal Tingkat Penyebaran Virus2 mnt membaca

SUAKAONLINE.COM, Infografis – Rabu (11/3/2020) lalu,  World Health Organization (WHO) mengumumkan wabah virus corona (Covid -19) sebagai pandemi global yang menyebar hampir ke 173 negara di Dunia. Virus ini merupakan generasi ketujuh dari keluarga Coronavirus yang menyebabkan penyakit infeksi pernafasan ringan hingga berat yang menyerang pada manusia dan hewan.

Virus Covid-19  pertama kali mewabah di daratan China, tepatnya Kota Wuhan pada akhir tahun 2019. Sebelum dinyatakan pandemi global, virus ini menjadi epidemi di daerah Timur Asia, itu terjadi karena penyebaran yang cukup signifikan selama kurun waktu satu bulan. Tercatat per- 14 Februari jumlah  orang yang terinfeksi di daratan China sebanyak 66.492 orang serta meninggal dunia 1.523 orang.

Berbeda dengan pendahulunya yang berasal dari daratan China, virus Severe Acute Resripatory Syndrome (SARS) hanya menjadi epidemi. Hal itu tidak menjadi pandemi global karena penyebarannya yang bisa dikendalikan dan hanya menyebar ke beberapa negara saja.

Melansir dari CNN, suatu wabah bisa dikatakan pandemi ; apabila menyebabkan kematian,  wabah baru, penularannya tidak dapat terkendali, virus menyebar hampir ke seluruh dunia. Singkatnya pandemi merupakan epidemi yang telah menyebar luas ke berbagai negara dan benua.

Termasuk ke negara  Indonesia, virus ini diketahui masuk sejak Presiden Jokowi mengumumkan bahwa dua warga negara Indonesia (WNI) positif terjangkit virus corona novel (COVID-19) usai melakukan kontak dengan seorang warga negara Jepang yang juga terinfeksi corona.

Pasca diumumkannya Virus Covid-19 sebagai pandemi global, hampir seluruh negara di dunia serempak untuk mengantisipasi serta menekan jumlah penyebarannya dengan mengkarantina orang yang terinfeksi maupun terindikasi virus, meliburkan  sekolah dan institusi formal maupun informal, mendorong warga agar bekerja dan melakukan aktivitas di rumah serta menghimbau untuk melakukan Physical  Distancing atau menjaga jarak.

Baca juga:  Mahasiswa Biologi UIN Bandung Raih Kesempatan ke Portugal

Peneliti  : Sani Muhamad

Sumber : CNN, Tirto, worldometers.info

Desain : Hamzah Anshorulloh

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas