Kampusiana

Menghidupkan Kembali Cerita Rakyat Bali Calon Arang dengan Teater Musikal

Nyi Rangda berniat membalas dendam atas penghianatan I Made Widiasta dalam pementasan “Musikal Calon Arang” oleh Teater Awal Bandung dan Teater Keliling di Aula Abdjan Soelaiman, Kampus 1 UIN SGD Bandung, Jumat (16/9/2023). (Foto: Kinanthi Zahra/Suaka).

SUAKAONLINE.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Awal berkolaborasi bersama Teater Keliling menggelar pertunjukan bertajuk “Musikal Calon Arang” di Gedung Abjan Soelaeman, kampus 1 UIN Bandung, Jumat (15/9/2023). Acara ini menjadi salah satu rangkaian dalam Pagelaran Gandrung Milad ke-36 “The Elysian Voyage” yang digelar 13-19 September 2023.

Pementasan musikal Calon Arang disutradarai oleh Rudolf Puspa mengadaptasi cerita rakyat asal Bali yang mengisahkan dukun sakti Nyai Rangda, penguasa desa Girah yang murka karena anaknya. Ratna Manggali tak kunjung dilamar hingga usianya menginjak dewasa karena para pemuda takut akan kesaktian ibunya, sehingga hal ini menyebabkan malapetaka bagi para penduduk desa dengan menyebarkan santet ilmu hitam.

Melihat kondisi yang semakin tidak kondusif, Raja Airlangga memerintahkan Empu Bahula untuk menikahi Ratna Manggali dan memutus segala malapetaka yang terjadi. Setelah mengetahui kelemahan dari Nyai Rangda Empu Bahula melancarkan siasatnya dan berhasil melepaskan ilmu hitam yang menjerat warga desa. Nyai Rangda sang pemuja Dewi Durga akhirnya mati. Pertunjukan ini, menyoroti isu mengenai hubungan parenting antara ibu dan anak, seperti yang diungkapkan oleh Haikal selaku Pimpinan Produksi.

“Isu khususnya (dalam pertunjukan ini) tentang hubungan parenting dengan anak sih, karena ini dalem banget ya sebenernya. Jadi sekarang banyak banget anak-anak yang mungkin melupakan atau bersikap acuh tak acuh kepada orang tuanya. Jadi di cerita ini tuh bisa menyadarkan mau sejahat pun orang tua itu masih tetep orang tua kita, mereka pasti punya tujuan dibaliknya,” jelasnya. Jumat (15/09/2023).

Pada tour kali ini, Teater Keliling akan menggelar pertunjukan Musikal Calon Arang di lima kota tersebar di Jawa dan Sulawesi. Salah satunya di Bandung yang berkolaborasi bersama Teater Awal. Dalam persiapannya, Teater Awal dan Teater Keliling mempersiapkan pertunjukan ini selama 2 sampai 3 bulan dan latihan bersama secara langsung selama dua hari. Hal ini pun disampaikan oleh Official Commite (OC) acara, Yasmin.

“Untuk kolaborasi ini udah kita siapkan dari 2-3 bulan sebelumnya, dari bulan Juli, Agustus, September. Tapi kita latihan kolaborasi (secara langsung) bersama Teater Keliling nya itu baru di hari kamis kemarin tanggal 14 (September), sementara selama 2 bulan itu, kami dari Teater Awal itu melakukan latihan mandiri. Dari video-video yang dikirimkan oleh Teater Keliling,” ungkap Yasmin.

Di sisi lain, penonton dari pertunjukan Calon Arang, Hari turut mengungkapkan antusias dan menyukai adegan saat Calon Arang memasuki alur cerita. “Senang ya, karena (pertunjukan ini) menjadi salah satu pendidikan budaya juga jadi mengapresiasi cerita rakyat dan ditarik ke bahasa modern yang baru dan seneng,” kata Hari.

Reporter : Raafi Herdiansyah Putra & Kinanthi Zahra/Suaka

Redaktur: Mohamad Akmal Albari/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Ke Atas