Infografik

Lamban Memperoleh Pekerjaan, Kualitas Lulusan UIN Bandung Dipertanyakan

SUAKAONLINE.COM, Infografis – Di era ini, permintaan lulusan Perguruan Tinggi sangat melonjak naik. Sehingga banyak kampus yang berbondong-bondong dalam mempersiapkan para mahasiswanya untuk dapat bersaing di dunia kerja. Berbagai cara dilakukan dan dampaknya pun beragam. Namun bagaimana dari UIN SGD Bandung sendiri?

UIN SGD Bandung sendiri menyediakan berbagai wadah dalam mempersiapkan mahasiswanya ke dunia kerja. Dari mulai keterampilan praktis, keterampilan tambahan, keterampilan komputer sampai penguasaan bahasa asing. Namun nyatanya usaha tersebut belum efektif dalam mempercepat proses kerja lulusannya.

Dalam 5 tahun terakhir, rata-rata lulusannya tidak bisa cepat saat memperoleh kerja. Sebanyak 74 persen tidak dapat memperoleh kerja kurang dari waktu setahun. Berbicara tentang Indeks Prestasi Komulatif (IPK) rata-rata tiap tahunnya lebih dari angka 3,00. Dari segi ketepatan waktu wisudawan pun dapat terlihat lumayan baik. Hal ini menimbulkan pertanyaan atas bagaimana kualitas lulusan UIN SGD Bandung.

Kemudian mengapa dari banyaknya wisudawan yang tepat waktu kemudian IPK yang tinggi namun angka kecepatan kerja masih rendah? Peneliti menelusuri, orientasi kampus menjadi salah satu faktor penyebab. UIN SGD Bandung selalu berpatok kepada suatu sistem pemeringkat yang memberikan penilaian terhadap seluruh perguruan tinggi di dunia yakni Webometrics.

Mengutip dari website Webometrics, indikator yang dibawa untuk penilaian berdasarkan skor-skor publikasi yang terlihat di internet. Publikasi tersebut mulai dari konten web, visibilitas, dan dampak publikasi. Tentu tak salah mengejar ketercapaian publikasi juga. Karena marwah dari seorang akademisi adalah tulisannya yang terpublish. Namun bagaimana dengan kemudahan kerja dari lulusan tidak dijadikan fokus dalam pemeringkatan ini.

Akhirnya, memperhatikan kualitas dan kesiapan lulusan baik hard skill maupun soft skillnya merupakan suatu tanggungjawab kampus yang tak terelakan. Hal ini menjadi pekerjaan rumah bersama untuk membentuk sinergitas antara mahasiswa dan kampus. Untuk membentuk lulusan yang unggul dan kompetitif di dunia kerja.

Peneliti: Silmi Hakiki dan Nurhasanah/Suaka

Sumber: Pusat Karir UIN SGD Bandung, Suaka Data Center, Webometrics

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Ke Atas