Kampusiana

PBAK Tahun 2022 Tidak Libatkan DEMA U Sebagai Panitia

Dok. Pribadi

SUAKAONLINE.COM – Sebanyak 7434 mahasiswa baru akan ikut serta dalam pelaksanaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tahun 2022. Rencananya PBAK tahun ini akan dilaksanakan secara luring, dimulai dari tanggal 29-31 Agustus dan dilaksanakan dilima tempat, yaitu; Gedung Anwar Musaddad, Aula Abdjan Soelaeman, Masjid Kampus II, GOR Kampus II, dan GOR Bulu Tangkis Kampus I.

Menurut Kepala Bagian Kemahasiswaan, Wawan Gunawan untuk PBAK tahun sekarang tidak akan melibatkan SEMA-U dan DEMA-U lantaran belum terbentuk kepengurusan yang baru. Ia juga mengungkapkan akan berkolaborasi bersama SEMA-F dan DEMA-F sesuai dengan keputusan rapat pimpinan.

“Tadinya kita mau berkolaborasi dengan DEMA-U dan SEMA-U, sementara DEMA-U dan SEMA-U sampai hari ini katanya tanggal 25-26 (Agustus) itu baru terbentuk formatur, sementara kita kegiatan PBAK itu ditanggal 29, tidak mungkin kan? Maka jalan keluarnya, hasil keputusan rapat kemarin, kita minta bantuan berkolaborasi dengan DEMA-F dan SEMA-F, (dan) UKM juga terus terang,” ujarnya saat ditemui Suaka, Senin (22/8/2022)

Lebih lanjut lagi, ia mengatakan bahwa perwakilan dari setiap SEMA-F dan DEMA-F harus seimbang dan terwakili. “Pada prinsipnya kita tidak tahu-menahu, hanya minta kepada kepanitiaan, untuk terlibat jadi panitia dikegiatan PBAK ini harus terakomodir dari semua jurusan,” lanjutnya.

Terkait pembagian tugasnya, Wawan mengungkapkan bahwa DEMA-F akan dilibatkan untuk terjun ke lapangan, sementara SEMA-F akan masuk pada tim inti bersama dengan jajaran dekanat sebagai pemantau. “Karena kan Sema-F itu pemantau kan, monitoring lah dalam artiannya. Kalau Dema-F itu yang bekerja lah di lapangan gitu,” tuturnya.

Selain itu, ia juga meminta kepada seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) untuk berkontribusi dalam kegiatan PBAK dengan menunjuk dua orang sebagai perwakilan menjadi panitia. “Dan UKM, kita pinta setiap UKM itu dua orang untuk jadi masuk ke dalam tataran panitia,” ujarnya.

Ketua Umum DEMA Fakultas Adab dan Humaniora, Rahadian Fatah Hikami mengatakan tengah mempersiapkan delegasi dari tiap jurusan yang akan ditunjuknya menjadi panitia PBAK. “Kita ngambil dari tiga jurusan, itu pun hasil pilihan saya sendiri sih. Jadi karena disuruhnya delegasi, kita enggak buka open recruitment,” ucapnya, Selasa (22/8/2022).

Selanjutnya, ia mengungkapkan kesetujuannya melibatkan secara langsung DEMA-F sebagai panitia inti. “Makanya ketika memang dialihkan ke Sema-F, dialihkan ke Dema-F, itu justru lebih bagus. Karena pada akhirnya, kita otomatis bakal tahu skema PBAK kayak gimana,” tutupnya.

Rahadian juga mengungkapkan kekecewaanya lantaran pembentukan panitia PBAK tahun ini dilaksanakan secara mendadak karena berbenturan dengan PESONA. “Atau misalkan dibagi dua lah, kita kan bisa kontrol ya, biar bisa saling membangun kerja sama, seharusnya kalau misalkan mau, oke lah kemahasiswaan fokus ke PESONA sebelumnya, ya anak-anak DEMA-F enggak dilibatin pesona kan kita, ya kita fokus ke PBAK,” keluhnya.

Reporter: Anisa Hanifah/Magang

Redaktur : Yopi Muharam/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Ke Atas