Kampusiana

Setelah Dua Tahun pandemi, PBAK Kembali Digelar Tatap Muka

Dok. Pribadi

SUAKAONLINE.COM – Setelah dua periode Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) dilaksanakan secara daring, PBAK 2022 direncanakan akan digelar secara luring. Dengan mengusung tema ‘Mahasiswa Unggul, Indonesia Maju’ PBAK akan dilaksanakan pada 29-31 Agustus mendatang.

Menurut Kepala Bagian Kemahasiswaan, Wawan Gunawan sebanyak 7434 Mahasiswa Baru akan ikut serta dalam pelaksanaan PBAK tahun 2022 ini. Ia juga melanjutkan seluruh peserta PBAK akan ditempatkan dalam satu tempat saat acara pembukaan, yaitu di Aula Auditorium Anwar Musaddad, Kampus 1 UIN SGD Bandung.

“Di Anwar bisa masuk sekitar 3000-4000 orang, yang selebihnya itu di luar. Kita akan pakai tenda di pinggir-pinggirnya, kita akan bikin semacam (pembatas -Red) jangan sampai nanti anak-anak lalu lalang dan sebagainya, sehingga begitu nanti kejadian lagi ada materi enggak fokus,” ujarnya saat ditemui di Gedung Aljamiah, Senin (22/8/2022).

Selain Aula Anwar Musaddad, rencananya PBAK 2022 juga akan digelar diberbagai tempat. Terdapat lima tempat penyebaran peserta saat sesi PBAK Fakultas, diantaranya; Aula Abdjan Soelaeman, Masjid Ikomah Kampus I, Gor Bulutangkis, Masjid Kampus II, dan Gor Kampus II.

Lebih dari itu, rencananya pada hari pertama PBAK 2022, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan menyampaikan orasi ilmiah pada agenda pembukaan, yang kemudian dilanjut dengan materi ke-Universitas-an. Selain itu, ia melanjutkan bahwa hari kedua PBAK akan  diserahkan kepada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Unit Kegiatan Khusus (UKK) untuk melaksanakan agenda inaugurasi.

“Kan (biasanya -Red) selama ini di hari ketiga itu udah liat pentas temen-temen UKM, udah aja kan. Nah, sekarang tidak, silakan supaya ada khidmatnya, inaugurasi dihari kedua, hari ketiga nanti ditutup di fakultas masing-masing oleh dekannya masing-masing,” lanjutnya.

Wakil Dekan III Fakultas Syariah dan Hukum, Aden Rosandi mengatakan persiapan PBAK 2022 tingkat fakultas sudah mencapai 70 persen. Ia juga merencanakan akan melaksanakan shalat tahajjud berjamaah di Masjid Iqomah Kampus I, dilanjut dengan dzikir bersama sampai shubuh.

“Insya Allah PBAK akan kita mulai dari beberapa kali rapat itu diawali dengan aspek spiritualitas, tahajjud bersama di Masjid Ikomah. Nanti kita kumpul dihari Rabu tanggal 31 itu, kita awali dengan tahajjud  bersama lalu ada doa dan dzikir untuk negeri ya sampai shubuh, kita sholat shubuh berjamaah,” ujarnya, Rabu (25/8/2022).

Setelah itu, ia melanjutkan akan adanya agenda olah raga dan sarapan bersama di Gazebo dan dilanjut dengan orientasi Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan jurusan. “Pukul 09.30 (WIB) kita orientasi HMJ dan jurusan, ada enam jurusan (di fakultas Syariah dan Hukum),” paparnya.

Aden juga menambahkan bahwa seluruh rangkaian acara PBAK fakultas merupakan hasil dari panitia DEMA-F yang akan disepakati pada rapat pimpinan fakultas. “Yang mengelola itu DEMA-F, kita hanya memberikan prinsip-prinsip acaranya aja. Maka yang sekarang mau presentasi DEMA-F, dari mulai awal sampai akhir rundown acaranya,” tambahnya.

Ia berharap mahasiswa baru dapat menjadi mahasiswa unggul yang mendahulukan nilai spiritualitas. “Harapan saya sesuai dengan tema, bagaimana mahasiswa Syariah ini menjadi mahasiswa yang unggul dan kompetitif tetapi berbasis spiritualitas. Semua kegiatan kita harus didasari pada aspek spiritual. Jadi enggak hanya oleh usaha, tapi doa penting,” tutupnya.

Reporter : Anisa Hanifah/Magang

Redaktur : Yopi Muharam/Suaka

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Ke Atas